Sempena HUT PGRI ke-76 dan HGN Tahun 2021, PGRI Pekanbaru Taja Diklat dan Tanam 4000 Pohon Penghijauan

  • Whatsapp

Ojenews.com Pekanbaru Riau

Negeri Smart City Madani,-Bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 serta Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, PGRI Kota Pekanbaru menggelar berbagai kegiatan yakni,berupa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi ratusan guru SD dan SMP juga melakukan penanaman 4000 pohon penghijauan di sejumlah sekolah Kota Pekanbaru.

Diklat yang bertemakan ” Guru Belajar, Murid Merdeka” ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru, dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru DR.H.Ismardi Ilyas.MA, Sabtu (23/10) lalu di Gedung PGRI Pekanbaru.Demikian dikatakan Ketua PGRI Kota Pekanbaru Abdul Gafar kepada www.ojenews.com di Gedung PGRI Pekanbaru Jalan Arifin Ahmat,Senin (22/11/2021) siang.

Abdul Gafar yang didampingi Sekretaris PGRI Pekanbaru mengatakan. Diklat guru ini dibagi dalam 6 gelombang dimana setiap gelombang terdiri dari dua kelas. Setiap kelasnya diisi oleh 20 guru. Kegiatan Diklat selama 6 gelombang ini berlangsung mulai tanggal 23 Oktober hingga 20 November.

“Jadi hampir satu bulan terus menerus guru mengikuti Diklat yang dilaksanakan di Gedung PGRI Kota Pekanbaru. Setiap seminggu peserta secara bergantian. Artinya, setiap gelombang sekolah mengirimkan satu peserta SD dan SMP. Jumlah peserta setiap gelombangnya sebanyak 194 guru SD dan 48 guru SMP,” kata Abdul Gafar.

Ketua Abdul Gafar mengatakan tujuan di gelarnya Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) selama hampir satu bulan itu adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan program merdeka belajar. Selain itu, Diklat ini diharapkan guru bisa menjadi pengerak dalam pembelajaran, berinovasi serta bersinergiskan siswa dalam proses belajar mengajar.

Peningkatan kompetensi guru merupakan satu diantara program jangka panjang PGRI Kota pekanbaru dan juga ingin bergandengan tangan serta menjadi mitra Dinas Pendidikan Pekanbaru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota yang berjulukan Kota madani ini.

“PGRI ingin melalui momentum peringatan HUT PGRI ke-76 ini dapat berperan aktif dalam upaya peningkatan potensi dan bagaimana guru bisa menciptakan merdeka belajar dan bersinergisitas dalam menjalin komuniksi antara PGRI dan Disdik Pekanbaru. Sehingga mutu pendidikan Pekanbaru dimasa pandemi tetap dapat ditingkatkan,”ujar Gafar.

Selain menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi para guru di jenjang pendidikan SD dan SMP,panitia peringatan HUT PGRI ke-76 dan HGN Tahun 2021 juga akan melakukan penanaman pohon pelindung sebanyak 5000 pohon.

Penanaman pohon pelindung ini akan dilakukan pada sejumlah titik sekolah yang tersebar di Kota Pekanbaru.Dalam keterangannya Abdul Gafar menyebutkan, tujuan dilakukannya gerakan penanaman 5000 pohon penghijauan ini adalah untuk menumbuh kembangkan semangat cinta lingkungan kepada anggota PGRI dan para siswa sekolah di titik penanaman pohon penghijauan itu.

“Selain dari menggelar Diklat bagi guru,Kita dari PGRI juga melakukan gerakan penghijauan di sekolag sekolah, seut Abdul Gafar.

Diakhir keterangannya Ketua PGRI Kota Pekanbaru Abdul Gafar berharap momentum peringatan HUT PGRI Ke-76 dan HGN Tahun 2021 ini dapat bermanfaat besar bagi anggota PGRI Pekanbaru dan Ranah pendidikan khususnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *