Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda ke-94 di SMPN 16 Pekanbaru

Dra.Endang Sri Wijayati jadi Pembina Upacara

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Tanggal 28 Oktober 2022 diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda yang ke 94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” Tema yang telah ditetapkan tersebut memberikan gambaran bahwa pemuda sebagai generasi penerus cita-cita bangsa semangat persatuan menjadi pilar utama dan penting untuk membangun bangsa.

Eksistensi dan peran pemuda dalam berbagai bidang pembangunan diperlukan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki pemuda, dalam arti banyak hal yang dapat dilakukan pemuda dalam melaksanakan perannya ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Demikian disampaikan kepala SMP Negeri 16 Pekanbaru Dra.Endang Sri Wijayati dalam amanatnya saat menjadi pembina upacara bendera hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 bertempat di lapangan Basket sekolah tersebut.

Upacara bendera hari Sumpah Pemuda ke-94 itu memiliki nuansa yang berbeda dari upacara bendera sebelumnya, dimana terlihat para peserta upacara yang terdiri dari majelis guru, staf sekolah dan para siwa dan siswi masing masing menggunakan pakayan adat nusantara.Ada yang berpakayan adat Riau, kuansing, Adat Sumatra Barat,Sumatra Utara dan beberapa baju adat lainnya. Dengan demikian terlihat jelas nuansa Bhinekan Tunggal Ika, upacara bendera tersebut terasa sangat kental semangat nasionalismenya.

Dra.Endang Sri Wijayati menyebutkan Eksistensi dan peran pemuda dalam berbagai bidang pembangunan dewasa ini sangat diperlukan.

“Dalam arti, banyak hal yang dapat dilakukan pemuda dalam melaksanakan perannya ditengah-tengah masyarakat.
Dari pandangan tersebut memberi gambaran pemuda memiliki tanggung jawab dalam tatanan kehidupan masyarakat, dengan semangat yang dimiliki untuk berperan dan memberikan kontribusi bagi masyarakat. Pemuda sebagai generasi muda menjadi harapan untuk mewujudkan dan meraih cita-cita bangsa,” sebut Dra.Endang Sri Wijayati dihadapan peserta upacara.

Usai pelaksanaan upacara bendera, kegiatan diteruskan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba berbusana daerah berupa piala dan acara juga diteruskan dengan hiburan seperti Randai Kuansing, Trai Tor tor dan tari Melayu.(dy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *