MEMAKNAI PERAN PEMUDA

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap Mahaputra Riau

Tanggal 28 Oktober 2022 diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda yang ke 94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”

Tema yang telah ditetapkan tersebut memberikan gambaran bahwa pemuda sebagai generasi penerus cita-cita bangsa semangat persatuan menjadi pilar utama dan penting untuk membangun bangsa.

Eksistensi dan peran pemuda dalam berbagai bidang pembangunan diperlukan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki pemuda, dalam arti banyak hal yang dapat dilakukan pemuda dalam melaksanakan perannya ditengah-tengah masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, rasanya masih relevan pendapat Taufik Ismail dalam tulisannya Pemuda dan perubahan sosial yang diterbitkan LP3S Tahun 1974 halaman 15 yang mengatakan ” Beberapa alasan Mengapa Pemuda memiliki tanggung jawab dalam tatanan Masyarakat, 1).Kemurnian ideologinya, 2). Keberanian dan keterbukaannya dalam menyerap nilai-nilai dan budaya baru,3). Semangat pengabdiannya, 4).Sportivitas dan Pengabdiannya,5).Inovasi dan Kreativitasnya, 6).Keinginan untuk segera mewujudkan Gagasan-gagasan baru,7).Keteguhan janjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan kepribadian yang mandiri”

Dari pandangan tersebut memberi gambaran pemuda memiliki tanggung jawab dalam tatanan kehidupan masyarakat, dengan semangat yang dimiliki untuk berperan dan memberikan kontribusi bagi masyarakat. Pemuda sebagai generasi muda menjadi harapan untuk mewujudkan dan meraih cita-cita bangsa.

Melalui peringatan sumpah pemuda tahun ini bersatu membangun bangsa sebagai tema yang telah ditetapkan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *