Universitas Muhammadiyah Riau Gelar Lomba Tahfidz Alquran Berhadiah Umroh dan Beasiswa

Ojenews.com Pekanbaru Riau, – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan serta memperkenalkan kampus, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar sejumlah kegiatan, salahsatunya adalah lomba Tahfidz Alquran 20 dan 30 juz.

Perlombaan Tahfiz Qur’an untuk tingkat SLTA dan Pondok Pesantren se-Provinsi Riau telah dimulai pada Senin (25/3/2024). Sedangkan lomba untuk kalangan mahasiswa tingkat nasional akan dimulai Selasa besok.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Riau Abunawas, saat membuka acara perlombaan di auditorium kampus Umri, Senin (25/3/2024) pagi.

Abunawas mengatakan pelaksanaan Ramadan tahun ini di kampus Umri lebih semarak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena kegiatan berlangsung setiap hari baik siang maupun malam Ramadan.

“Seperti hari ini kita menggelar Lomba Tahfidz untuk SMA sederajat se-Riau, dan lomba Tahfidz tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia yang diikuti oleh 100 peserta. Kegiatan ini sebagai wujud cinta kita kepada Al-Qur’an di bulan Ramadan yang merupakan bulan turunnya Al-Qur’an,” Ucap Abunawas.

Abunawas mengatakan pemenang lomba akan mendapatkan tiket untuk pelaksanaan ibadah umrah ke tanah suci baik tingkat SLTA maupun mahasiswa, serta beasiswa penuh kuliah di Umri bagi pemenang lomba tingkat SLTA.

Sementara Wakil Rektor III Umri Jufrizal Syahri mengatakan selain lomba Tahfidz Alquran Umri menggelar berbagai kegiatan seperti lomba praktik ibadah khusus kalangan dosen dan karyawan, lomba di tingkat HIMA dan BEM serta unit kerja.

“Selain itu kita juga akan melakukan penyantunan dhuafa, dan fakir miskin yang jumlahnya mencapai 1.500 paket,” ujar Jufrizal didampingi Ketua Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan dan Ketua Panitia Ramadan Ceria Umri 2024, Afdhal.

Jufrizal mengatakan puncak kegiatan tersebut akan dihadiri Ustaz Abdul Somad dan Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto sekaligus penyerahan bantuan bagi ribuan dhuafa dan fakir-miskin.

Sebelumnya Rektor Umri Dr Saidul Amin mengatakan pada tahun ini pelaksanaan Ramadan di Kampus Umri mengangkat tema ‘Ramadan Ceria Mencerahkan Semesta’.

“Kegiatan ini digelar bertujuan untuk memeriahkan Ramadan. Kita memeriahkan Ramadan berbeda dengan kampus-kampus lain. Karena Umri sebagai kampus Islam dan Kemuhhammadiyahan, nuansa keislaman harus lebih kental dalam kegiatan-kegiatan ramadan di UMRI. Harapannya, kegiatan ini mewariskan ketakwaan pada seluruh civitas akademika,” ujarnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *