SMAN 4 Pekanbaru Wujudkan Pendidikan Holistik Melalui Kegiatan Ekskul Dalam Kurikulum Merdeka

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Kurikulum merdeka mengamanatkan bahwa pendidikan dilakukan secara holistik. Pendidikan holistik merupakan pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi siswa secara harmonis, meliputi potensi intelektual, emosional, phisik, sosial, estetika, dan spiritual.

Sebagai mana disampaikan Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoriana,M.Pd bahwa pada hakekatnya pendidikan itu bukan hanya mengembangkan sisi intelektual saja, akan tetapi juga mengembangkan sisi sosial, moral, spiritual, fisik, estetis, dan sisi ekologis.

Oleh karena itu pada beberapa hari lalu SMA Negeri 4 Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Adisucipto Marpoyan Damai Kota Pekanbaru menggelar acara pembukaan Ekstra Kurikuler (ekskul) tahun ajaran 2023-2024 dengan tema ” Berjiwa Besar dan Berkarakter Baik Adalah Prestasi Tertinggi “.

Program Ekskul SMA Negeri 4 tersebut dibagi atas 16 cabang Ekskul diantaranya,
1.Pasus/Pramuka
2.Sepakbola/Futsal
3.Drum Band/Cheers/Dancer
4.School Update/Multi Media
5.Seni Tari
6.Akustik/Percusi/Lagu Solo
7.Rebana/Nasyd/Paduan Suara
8.Rohis
9.Bola Basket
10.PIK-R
11.Palang Merah Remaja (PMR)
12.Bahasa Jepang
13.Karya Ilmiah Remaja (KIR)
14.Bahasa Inggris
15.Hadroh
16.Debat

Terkait hal itu Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoriana,M.Pd menyebutkan bahwa program ekskul itu merujuk pada amanat Kurikulum Merdeka.

Dimana Kurikulum Merdeka mengamanatkan bahwa sisi sosial, spiritual, estetis,afektif, psikomotorik dan yang lain, tidak dapat secara lengkap dan maju bila hanya dilakukan dalam intra kurikuler atau dalam kelas saja. Akan tetapi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ditekankan bahwa banyak kegiatan yang mengandung nilai kemanusiaan, dan untuk tumbuh dan lebih berkembang nilai nilai tersebut dapat dilakukan dengan penerapan program Ekstra Kurikuler.

” Pembukaan kegiatan ekstrakurikuler dengan tujuan mengajak siswa lainnya utk ikut ekskul dan penumbuh karakter siswa. Program ini sejalan dengan yang diamanatkan kurikulum Merdeka. Dimana sisi sosial
spiritual, estetis,afektif, psikomotorik dan lainnya, tidak dapat secara lengkap bila hanya dilakukan dalam intra kurikuler atau dalam kelas saja.Maka perlu dukungan dari program ekstra Kurikuler,”tutup Hj.Yan Khoriana,M.Pd.

Hj.Yan Khoriana,M.Pd berharap melalui pembukaan program ekskul tersebut dapat memotifasi siswa untuk berkarya dengan potensi yang dimiliki serta sesuai dengan tema program ekskuk “Berjiwa Besar dan Berkarakter Baik Adalah Prestasi Tertinggi ” harapnya.(dy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *