Penuhi Akan Kebutuhan Beras warga Pekanbaru di Ramadan dan Idulfitri, Dinas Ketapang Pekanbaru Upayakan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP)

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Sepanjang bulan Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah 2024 Masehi persediaan beras di rumah-rumah warga Kota Pekanbaru diperkirakan akan terpenuhi. Upaya ini dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru untuk menyalurkan bantuan cadangan Beras Pemerintah (CBP) bagi warga kurang mampu sebanyak dua kali pada bulan Maret 2024 ini.

“Kita merencanakan melakukan penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah untuk warga kurang mampu ini sebanyak dua kali, periode Februari dan Maret,”kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru H.Maisisco dalam rapat koordinasi dan evaluasi yang juga dihadiri Asisten Manager Pelayanan Publik Perum Bulog Wilayah Riau Kepri Valdi Wiranata juga Account Manager Penjualan Korporat PT Pos Indonesia KCU Pekanbaru, Mahdi, beberapa waktu lalu .

Maisisco mengatakan untuk bisa merealisasikan penyaluran beras dua kali dalam sebulan ke depan itu, perlu dukungan dari semua pihak, terutama kelurahan dan kecamatan untuk bisa mendorong percepatan penyalurannya dengan menginformasikan kepada masyarakat penerima manfaat maupun dukungan dalam bentuk administrasi pelaporan kegiatan.

“Kita berhara progres penyaluran secara bertahap ini tidak mundur dan ini dipengaruhi bantuan ini bisa tersalurkan tepat waktu, dan administrasinya di lapangan juga tepat waktu,”kata H.Maisisco beberapa watu lalu.

Kadis Ketahanan Pangan ini menyebutkan progres penyaluran secara bertahap ini sebaiknya meningkat dan tidak mundur karena akan berpengaruhb terhadap ketersediaan beras di rumah rumah masyarakat Kota pekanbaru.

Maisisco juga menjelaskan kalau dari koordinasi terakhir bersama Bulog beberapa waktu lalu, ketersediaan beras di Gudang Bulog untuk Kota Pekanbaru masih aman hingg periode April 2024 atau selepas Idul Fitri.

Pada Rapat Evaluasi penyaluran bantuan Cadangan Beras Pemerintah untuk warga kurang mampu untuk periode Januari 2024, hampir sebagian besar kecamatan di Kota Pekanbaru mengaku tidak ada komplain dari warga terhadap proses penyaluran.

Hanya saja, memang ada dua kelurahan yang mengaku kalau di tempat mereka, ada warga yang terdata sebagai penerima namun tidak mengambil bantuan beras pemerintah itu.

Karena itulah, pada perwakilan Pemerintah Kecamatan meminta solusi termasuk terkait kemungkinan untuk melakukan pergantian terhadap nama penerima manfaat dan teknis penyelenggaraan pergantian ini.

Sebagaimana diketahui, untuk tahun 2024 ini, setidaknya pemerintah akan menyalurkan 10 kilogram beras kepada 17.140 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan disalurkan selama enam bulan terhitung Januari hingga Juni 2024 yang akan datang.

Deputi DGM Kantor Cabang Utama (KCU) PT Pos Indonesia Pekanbaru Nicko Riowanto menjelaskan, kalau pada hari ini, pemerintah menyalurkan bantuan sebanyak 1.600 keluarga penerima manfaat di Kota Pekanbaru.

Jumlah ini, dijelaskan dia merupakan bagian dari total sebanyak 17.140 KPM berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Koordinator PKM.Dia berharap penyaluran ini bisa berjalan lancar dan bisa terealiasasi tepat waktu.

“Penyaluran untuk 15 Kecamatan se Kota Pekanbaru ini dijadwalkan selama satu minggu, bila dalam kurun waktu tersebut ada yang tidak mengambil, kita akan menyurati Lurah atau Camat untuk dropping agar lebih dekat masyarakat mengambilnya,” jelas Nicko.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *