Diawali Dengan Solat Duha dan Imtaq,Pelaksanaan PAS di SMP Negeri Madani Pekanbaru Berjalan Aman dan Lancar

  • Whatsapp

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Salah satu bentuk penilaian sumatif yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran kompetensi dasar adalah Penilaian Akhir Semester (PAS). Pada PAS ganjil tahun pelajaran 2021-2022 ini, SMP Negeri Madani Kota Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Letkol Syariefuddin Syarif Nomor 17 Tengkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru ini melaksanakannya secara offline atau luring.

Sebelum dilaksanakan PAS tersebut, para siswa melakukan solat Duha di Masjid dan mengikuti program Imtaq dimasing masing kelas dibawah bimbingan guru pengawas dikelas masing masing.Demikian disampaikan Kepala SMP Negeri Madani H.Abdurrahman,S.Pd di ruangkerjanya SMP Madani Pekanbaru,Senin (06/12/2021).

Sebagaimana diketahui bahwa SMP Negeri Madani Pekanbaru merupakan sekolah yang memiliki program unggulannya adalah Tahfidz Al Qur’an yang punya target 15 Juz saat siswa menamatkan pendidikannya.Sekolah ini akan mencetak generasi siswa yang Hafidz Al-Quran dan generasi yang Qurani dan berakhlak mulia, dan ini merupakan program Bapak Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,MT mendirikan sekolah ini, dan merupakan salah satu upaya mewujudkan Smart City Madani,khusnya di bidang pendidikan.

Sekolah SMP Negeri Madani ini juga merupakan Ikone pendidikan Kota Pekanbaru.

H.Abdurrahman juga menjelaskan bahwa para siswa sebelum mengikuti pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) terlebih dahulu siswa melaksanakan solat Duha dan program Imtaq.

“Siswa hadir disekolah dan terlebihdahulu melaksanakan solat Duha dengan batas waktu maksimal 7.40 dan seterusnya siswa mengikuti program Imtaq selama 20 menit di kelas.Kegiatan Imtaq ini dibimbing oleh guru pengawas masing masing kelas,Imtaq ini juga dilakukan dalam bentuk membaca Al-Quran bisa pembacaannya secara estapet dan bisa juga dibaca secara serentak,”jelas Abdurrahman.

Dalam arahannya pelaksanaan PAS tahun ini Dinas Pendidikan menetapkan jumlah maksimal siswa dalam satu kelas hanya diperbolehkan sebanyak 20 orang dan mengatur jarak antara satu siswa dengan siswa lainnya minimal satu meter setengah serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Selaras dengan arahan dan kebijakan Disdik Pekanbaru,penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMP Negeri Madani ini dilaksanakan secara serentak dari masing masing tingkat kelas, hal ini didukung oleh ketersediaan ruangkelas yang cukup dan memadai.

“Dengan jumlah siswa yang tidak banyak dan jumlah ruang kelas yang tersedia cukup maka pelaksanaan PAS disekolah Madani ini kita gelar dengan serentak dari kelas VII samapi Kelas IX.Sementara waktu penyelenggaraannya kita mulai Pukul 8.00 sampai Pukul 12.00 wib.Sebelum meninggalkan sekolah dengan dijemput oleh orang tua masing masing, para siswa juga melaksanakan solat Zuhur berjamaah dimasjid,”kata Abdurrahman.

Diharapkan H.Abdurrahman, SMP Negeri Madani sebagai sekolah yang memiliki program unggulannya adalah Tahfidz Al Qur’an yang punya target 15 Juz saat siswa menamatkan pendidikannya sudah tentu target ini diharapkan dapat tercapai sehingga tujuan mencetak generasi pelajar yang Qurani dapat terwujud,”harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *