Tanamkan Nilai Suara Demokrasi, SMPN 13 Pekanbaru Gelar Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2024-2025

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Salah satu agenda dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada implementasi kurikulum merdeka di sekolah merupakan tema “Suara Demokrasi”.

Suara demokrasi dalam kegiatan implementasi P5 ditujukan untuk mengajar siswa-siswi untuk mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam ruang organisasi sekolah maupun di lingkungan masyarkat. Demikian disampaikan Kepala SMP Negeei 13 Pekanbaru Bapak Zurdianto,M.Pd melalui wakil Kesiswaan Ibu Bismil Hayati,S.Pd di Ruang kerjannya, Senin (8/01/2024).

Sehubungan dengan perihal tersebut, maka pada Kamis 4 Januari 2024 lalu SMP Negeri 13 menggelar pemilihan Ketua OSIS untuk masa bakti 2024-2025.

Terkait itu, Wakil Kesiswaan Ibu Bismil Hayati menyebutkan pihaknya (Panpel-red) OSIS melaksanakan pemilihan secara demokrasi dengan melalui beberapa tahapan. Pertama melakukan rapat pembentukan panitia pemilihan (Panpel) November 2023 lalu kemudian dilanjutkan dengan perumusan sarat sarat menjadi Bakal Calon (Balon) Ketua OSIS, selanjutnya panitia melakukan rekrutmen Balon melalui pengusulan dari masing masing kelas mengusulkan 1 Pasang Calon (Paslin).Dari rekrutmen ini didapati 20 Paslon.

Masih keterangan dari Ibu Bismil Hayati,S.Pd bahwa tahap selanjutnya, 20 Paslon tersebut akan mengikuti tes kelayakan sebagai Bakal Calon (Balon) Ketua OSIS. Tahap ini masing masing Paslon menyampaikan Visi dan Misinya dan seleksi ini menghasilkan 3 Paslon yang lolos dan ditetapkan sebagai Calon Ketua OSIS.

Dijelaskan juga bahwa sebelum dilakukan pemungutan suara, 3 Paslon ini terlebih dahulu mengikuti debat kandidat dihadapan seluruh siswa dan guru.

Selanjutnya pada hari Kamis 4 Januari digelar acara Pemilihan Ketua OSIS tersebut dengan tata cara persis sama dengan pemungutan suara dalam pemilu.

“Tehknis nya pemungutan suara sama persis seperti pemilihan umum dan masing masing siswa punya hak suara yang sama termasuk guru.Demikian juga dengan tatacara pencoblosan jugasama seperti di TPS Pemilu,” jelasnya.

Seperti yang telah di beritahukan bahwa dalam Kontestasi Ketua OSIS SMP Negeri 13 ini Pasangan Nomor Urut 1 Fatah dan Rakasya berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan suara 640 suara disusul dengan Paslon Nomor urut 3.Alina dan Cinta meraih 231 suara dan Nomor urut 2. Aliya dan Putra meraih 187 suara. Total suara sah sebanyak 1058 suara.

Dari rangkaian kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 13 Pekanbaru tersebut Kepala Sekolah Bapak Zurdianto Melalui Wakil Kesiswaan Ibu Bismil Hayati,S.Pd berharap dapat mengedukasi siswanya dalam berorganisasi, berdemokrasi serta menyampaikannham suaranya secara baik dan benar.

“Kita berharap melalui pesta demokrasi pemiluhan ketua OSIS ini dapat mengedukasi siswa dalam berdemokrasi serta ber organisasi. Sslain itu juga kita mengharapkan kepada ketua OSIS terpilih dapat memenage Pogker agar menjadikan siswa SMPN 13 sebagai siswa yang berprestasi diberbagai bidang,”harap Ibu Bismil Hayati,S.Pd.(dy).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *