Syukuran HPN 2022, PWI Riau dan LAMR Kota Pekanbaru Sepakat Gelar Makan Behidang

  • Whatsapp

Ojenews.com Pekanbaru Riau,- Dalam rangka syukuran Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru sepakat menggelar kegiatan makan behidang.

Direncanakan, kegiatan makan behidang ini akan diselenggarakan di pelataran halaman Rumah Tuan Kadi, tepatnya dibawah Jembatan Siak di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan ini nanti tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimana seluruh yang hadir wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Makan Behidang direncanakan pada tanggal 19 Februari 2022 setelah penyelenggaraan HPN. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan Pengurus LAMR Kota Pekanbaru dengan PWI Riau beberapa waktu lalu,” sebut Ketua Panitia HPN 2022 Anthony Harry saat melakukan pertemuan dengan Pengurus LAMR Kota Pekanbaru di Wan Cafe yang berada dibawah Jembatan Siak, Minggu (09/01/2022) sore.

Pada pertemuan tersebut, dari Pengurus PWI Riau yang hadir antara lain Novrizon Burman (Ketua Bidang Organisasi), Herlina (Wakil Bendahara), Zulmiron (Wakil Ketua Seksi Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Kunni Masrohanti (Ketua Seksi Seni dan Budaya), Ardiansyah MZ Tanjung (Ketua PWI Pokja Pekanbaru) dan M Ikhwan (Anggota PWI Pokja Pekanbaru).

Sedangkan dari LAMR Kota Pekanbaru langsung dihadiri Ketua Umum DPH LAMR Kota Pekanbaru Datuk Dr Rizaldi Putra MBA serta didampingi Sekretaris Umum LAMR Kota Pekanbaru Datuk Zulken, Ketua Koordinator LAMR Kota Pekanbaru David, Bidang Humas M Irwan Gaharu, Ketua MKA LAMR Kecamatan Sail Datuk Endang Yuliadi, Ketua DPH LAMR Kota Pekanbaru Koordinator Kecamatan Senapelan Datuk David serta jajaran pengurus LAMR Kota Pekanbaru lainnya.

Anthony Harry yang saat ini menjabat Ketua Bidang menyampaikan, pada tahun 2022 ini rangkaian kegiatan HPN yang diselenggarakan oleh PWI Riau telah diawali dengan melakukan anjangsana ke kediaman wartawan senior. Dan selanjutnya, pengurus PWI Riau juga akan melakukan kunjungan silaturahmi ke beberapa mitra.

“Dalam waktu dekat, yakni pada tanggal 17 Januari 2022 PWI Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan ini akan kita selenggarakan di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad Pekanbaru,” sebut Anthony Harry sembari mengajak Pengurus LAMR Kota Pekanbaru untuk ikut hadir berpartisipasi menjadi pendonor pada kegiatan bakti sosial donor darah tersebut.

“Pada kesempatan ini kami juga mengundang jajaran Pengurus LAMR Kota Pekanbaru ikut mendonor darahnya pada kegiatan tersebut,” undang Anthony.

Dan mengenai makan behidang nanti, sebut Anthony, yang hadir diperkirakan sekira 150 orang wartawan anggota PWI Riau. Namun ini bisa didiskusikan lagi jika tempat pelaksaan makan behidang bisa memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, bisa jadi yang ikut hadir di lokasi makan behidang nanti dikurangi jumlahnya.

“Kita akan menyesuaikan nantinya dengan kapasitas lokasi tempat makan behidang,” katanya.

Sementara itu, Kunni Masrohanti selaku penanggung jawab menyampaikan, bahwa pada kegiatan makan behidang ini akan memotong seekor sapi sebagai bentuk syukur atas terselenggaranya seluruh rangkaian HPN dan HUT PWI ke-76.

“Kita akan potong sapi. Oleh karena itu, kami dari PWI Riau minta dukungan LAMR Kota Pekanbaru menyiapkan seperangkat peralatan yang dibutuhkan seperti pinggan, mampan untuk makan behidang dan kebutuhan lainnya,” sebut Presiden Penyair Perempuan Indonesia ini.

Kunni juga menyampaikan, bahwa pada kegiatan makan behidang nanti akan mengundang unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mulai dari Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wira Bima serta unsur dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Pada makan behidan nanti, kita akan undang Pak Gubernur, Pak Kapolda dan Pak Danrem,” katanya.

Selain makan behidang sebut Kunni, pagi hingga sore akan diadakan lomba Laga Pantun. Lomba ini pesertanya antar wartawan anggota PWI Riau.

“Kegiatan lomba ini kita selenggarakan sehari saja, yakni mulai dari pagi hingga petang. Dan malam hari usai makan behidang langsung pengumuman pemenang,” sebut Kunni.

Dikesempatan itu, Ketua Umum DPH LAMR Kota Pekanbaru Datuk Dr Rizaldi Putra MBA menyambut baik rencana PWI Riau yang akan melaksanakan kegiatan makan behidang ini.

Dikatakan Datuk Dr Rizaldi Putra MBA, LAMR Kota Pekanbaru akan segera membentuk tim kecil yang akan fokus kepada teknis khusus terkait jumlah yang ikut dalam perhelatan makan behidang nanti.

“Mengenai jumlahnya saya rasa perlu direvisi. Mengingat keterbatasan halaman Rumah Tuan Kadi. Mungkin kita atur jumlahnya, sekian dari PWI dan sekian dari LAMR Kota Pekanbaru,” katanya.

Dengan adanya kegiatan makan behidang ini, sebut Datuk Rizaldi Putra, sebagai salah satu upaya untuk memastikan bagaimana budaya Melayu ini bisa hidup.

“Untuk acara nanti, memang elok juga dan itu seru juga kalau misalnya wartawan ikut lomba laga pantun. Bagaimana pun ini juga untuk mengenalkan kepada wartawan cara laga pantun. Bahkan kalau ada wartawan hendak bersilat pun boleh. Kita disini adat Silat Harimau dan Silat Pangean, ,” ujar Datuk Rizaldi Putra.

Agar kegiatan behidang ini semarak, meriah dan seru, ujar Datuk Rizaldi Putra, pihaknya akan memberdayakan seluruh perangkat yang ada di LAMR Kota Pekanbaru.

“Nanti di lokasi acara akan kita pasang lampu colok dan diiringi dengan kompang,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *