Songsong Akreditasi Pustaka, SMPN 34 Pekanbaru Maksimalkan 6 Komponen Standar

  • Whatsapp

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Akreditasi Perpustakaan sekolah memiliki arti penting dalam pengelolaan perpustakaan di Indonesia. Akreditasi pustaka itu jelas akan meningkatkan kualitas sebuah perpustakaan.Untuk meraih predikat perpustakaan sekolah yang terakreditasi, SMP Negeri 34 Kota Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Kartama Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru itu saat ini tengah menggesa agar 6 komponen standar perpustakaan tercapai secara maksimal.Demikian dikatakan Kepala SMP Negeri 34 Pekanbaru Elvi Devita,M.Pd kepada www.ojenews.com,Sabtu (20/11/2021).

Dalam keterangannya Elvi Devita menyebutkan 6 (enam) komponen standar tersebut diantaranya
1.Koleksi, yang didalamnya meliputi (a)pengembangan koleksi yang tercakup seperti seleksi koleksi,jenis dan jumlah koleksi dan penambahan koleksi.(b)Pengorganisasian bahan perpustakaan yang mencakup didalamnya pengolahan dan kelengkapan fisik. (c) Perawatan koleksi perpustakaan meliputi,pencacahan dan penyiangan serta pelestarian.

2.Peralatan Multi Media yang meliputi perlengkapan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sarana pengaman.

3.pelayanan Perpustakaan yang didalamnya meliputi, Jenis layanan, jam buka, sarana akses atau penelusuran, Keanggotaan, jumlah pengunjung dan buku yang dipinjamkan, promosi dan bimbingan pemustaka.

4.Tenaga perpustakaan yang didalamnya meliputi,Kepala Perpustakaan, tenaga perpustakaan dan keikutsertaan dalam organisasi profesi.

5.Penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan yang didalamnya meliputi (a)Manajemen yang terdiri dari pendirian perpustakaan, kelembagaan perpustakaan serta program dan perencanaan.(b)Anggaran yang didalamnya mencakup,anggaran tetap, anggaran partisipasi dan persentase anggaran.(c) Kerjasama yang mencakup kerjasama internal dan kerjasama eksternal.

6.Penguat yang didalamnya meliputi,Inovasi atau Kreativitas, keunikan,prestasi dan komitmen pimpinan.

“Setiap komponen akan dinilai menggunakan indikator atau aspek penilaian yang telah ditetapkan.Setiap komponen memiliki bobot penilaian tersendiri dan dimungkinkan miliki bobot penilaian yang berbeda beda,”sebut Elvi
Devita.

Sisi lain Kepala SMP Negeri 34 yang akrab disa bu Elvi ini sangat optimis akan predikat perpustakaan yang terakreditasi dapat diraih oleh sekolahnya.

“Kita tetap optimis akan keberhasilan dalam perolehan nilai akreditasi pustaka ini, dan seluruh warga sekolah sangat antusias akan hal ini,”tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *