SMPN 13 Pekanbaru Gelar Karya P5 Bertemakan “Kearifan Lokal dan Suara Demokrasi”

Ojenews.com Pekanbaru Riau,- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan suatau kegiatan kokurikuler yang fokus pada pendekatan proyek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

(Gelar Karya P5 SMPN 13 Pekanbaru)

Demikian dikatakan Kepala SMP Negei 13 Pekanbaru Bapak Zurdianto,M.Pd kepada www.ojenews.com disela acara Gelar Karya P5 disekolahnya, Rabu (30/11/2023) pagi.

Ia menyebutkan, “P5 merupakan salah satu elemen penting dalam¬†Kurikulum Merdeka Belajar yang diterapkan dalam sistem pendidikan Nasional. Melalui P5, pelajar akan mendapatkan pengembangan kompetensi dan karakter mengenai hal-hal tertentu,”katanya.

Selain itu Bapak Zurdianto,M.Pd juga menjelaskan, Penerapan P5 dalam kurikulum merdeka belajar tidak terintegrasi dalam pembelajaran, melainkan memiliki porsi khusus dalam setiap bidang pelajaran di sekolah.

“P5 tidak terintergrasi penerapannya dalam pembelajaran namun memiliki fosi khusus.Tujuan P5 membentuk generasi muda yang beriman, berkebhinekaan dan memiliki nilai gotong royong, mandiri,dan kreatif.P5 juga merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan berbeda dengan pembelajaran di kelas pada umumnya,”jelaskan Bapak Zurdianto,M.Pd.

Dari lokasi kegiatan acara Gelar Karya P5 SMP Negeri 13 Pekanbaru yang dipusatkan di aula sekolah itu terlihat meriah dan karya karya yang ditampilkan siswa peserta acara P5 terlihat sangat inofatif. Para peserta acara yang terdiri dari siswa kelas VII itu terlihat memiliki potensin yang begitu besar dan potensi itu yang saat ini ditumbuh dan kembangkan oleh Bapak Zurdianto,M.Pd bersama para panitia yang dikordinir oleh Wakil Kurikulum Ibu Hj.Maida Deli,S.Pd.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh kepanitiaan yang dikordinir Ibu Hj.Maida Deli,S.Pd bersama timnya yang telah berkerja keras sehingga dapat mengemas acara Gelar Karya P5 sekolah kita ini dengan baik.Kegiatan ini terasa sangat bermakna bagi kita dan semua warga sekolah, sehingga pesan pesan edukasi yang ingin ditanamkan melalui Gelar Karya P5 ini dapat tersampaikan dengan utuh kepada para siswa dan warga sekolah,”harap Pak Zurdianto,M.Pd.

Acara gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri 13 Pekanbaru itu berjalan dengan meriah dan para peserta acara terlihat sangat antusias mengikutinya. Dari seluruh rangkaian acara yang disajikan tertata dengan apik dan semua itu terbungkus dalam bingkai kebersamaan dan kerja keras panitia.

Acara yang dimulai sejak pukul 7.30 wib itu dihadiri oleh Kepala SMP Negeri 13 Pekanbaru Bapak Zurdianto,M.Pd, Komite sekolah berserta jajarannya, Pengawas Dinas Pendidikan Ibu Hj.Dina,M.Pd, para wali murid serta tamu undangan lainnya dan seluruh siswa serta siswi kelas VII sampai IX sekolah tersebut.

Dari seluruh rangkaian acara yang disajikan panitia bersama peserta gelar karya P5 SMP Negeri 13 Pekanbaru mencirikan budaya nusantara dibawah Bhineka Tunggal Ikaan yang kental .(dy).

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *