Muhasabah,Sholat Duha Serta Tadarus Mewarnai Pelaksanaan US Hari Pertama di SMPN Madani Tahun 2022

Kepala SMPN Madani H.Abdurrahman,S.Pd

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Menteri Pendidikan Nasional melalui institusi Pendidikan di daerah sebagai stakeolder menggelar serentak ujian Semester Genap atau yang biasa disebut dengan Ujian Sekola (US) Tahun Pelajaran (TP) 2021-2022.Ujian ini merupakan efaluasi terakhir bagi siswa selama belajar.

Salah satu sekolah di Kota Pekanbaru yaitu SMP Negeri Madani yang beralamatkan di Jalan Letkol Syariefuddin Syarif No.17, Tengkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Riau ini merangkai Ujian Sekolah (US) dengan beberapa kegiatan.

( Dampingi Tim monitoring Disdik )

Tepat pada hari Jumat 8 April 2022 sekolah yang menjadi aikone Pendiikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ini menggelar kegiatan yang disebut dengan Muhasabah. Ritual Muhasabah itu sendiri bertujuan untuk memperkuat rasa percaya diri serta menuntun siswa peserta US agar memiliki ketenangan serta keyakinan akan kemampuan diri untuk mampu menjawab semua soal soal yang diujikan dalam US tersebut.

Sehubungan dengan perihal tersebut, Kepala SMP Negeri Madani Pekanbaru H.Abdurrahman,S.Pd menyebutkan bahwa pihaknya SMP Negeri Madani menggelar beberapa rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan ujian dan kegiatan tersebut digelar dengan tujuan agar para siswa peserta ujian dapat melaksanakan ujian dengan baik.

“Tahun ini siswa peserta ujian SMP Negeri Madani berjumlah 49 orang dan jumlah ini terdiri dari 25 orang putra 24 orang siswa putri semuanya berjumlah 49 orang siswa. Sebelum pelaksanaan ujian kita menggelar beberapa rangkaian acara, pada hari Jumat tanggal 8 April lalu kita melaksanakan Muhasabah.Peserta Muhasabah ini merupakan seluruh siswa yang akan mengikuti Ujian Sekolah dan ritual muhasabah ini sebagai sarana entrofeksi diri bagi peserta selain itu dengan melakukan muhasabah tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi bagi setiap siswa sehingga saat melaksanakan ujian mereka siap lahir dan batin,”sebut H.Abdurrahman.

  ( Ruang Ujian siswa Putra )

Selain itu, dihari pertama pelaksanaan US, Senin 11 April 2022 disekolah tersebut, para siswa juga melaksanakan solat Duha dan tadarusan, kegiatan ini dilaksanakan satu jam sebelum ujian.Pukul 7.30 sampai pukul 7.40 dilaksankan sholat Duha dan 7.40 sampai pukul 8,00 dilaksanakan tadarusan di ruang ujian masing masing siswa.

H.Abdurrahman menjelaskan.”Untuk hari pertama sebelum ujian itu kita ada kegiatan solat Duha dan Tadarusan. solat duha itu dimulai jam 7.30 sampai jam 7.40 sedangkan jam 7.40 sampai jam 8.00 dilakukan tadarus dan tadarus ini dilaksanakan di ruang ujian masing masing dibawah bimbingan guru pengawas pada saat itu, dan selanjutnya para siswa mengikuti ujian,”terang H.Abdurrahman.

Selanjutnya H.Abdurrahman juga menyampaikan bahwa Tahun ini merupakan tahun ke-empat dilaksanakannya ujian akhir di SMP Negeri Madani dan dimana tahun ini peserta ujian berjumlah 49 orang siswa dengan menggunakan empat ruang kelas.Di hari pertama mata pelajaran yang di ujiankan Bahasa Indonesia dan Agama, setiap harinya akan di ujiannkan dua mata pelajaran, ujian berlangsung hingga hari Sabtu mendatang,”ujarnya.

  ( Ruang ujian Putra )

H.Abdurrahman berharap pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun ini berjalan lancar dan aman serta dengan hasil nilai yang memuaskan.

“Saya berharap para siswa peserta ujian dapat melaksanakan ujian dengan baik dan tentunya dengan hasil yang memuaskan,” harapnya.

Sebagai mana diketahui SMP Negeri Madani Pekanbaru merupakan sekolah umum yang berbasis Islami di Kota Pekanbaru sesuai program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan visi misi Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT, yakni “Smart City Madani”. Dimana, Pemko Pekanbaru ingin Pekanbaru menjadi kota Metropolitan yang Madani menuju masyarakat sejahtera berlandaskan Iman dan Taqwa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.