Lomba Estapet Air dan Permainan Ekor Naga Warnai Kemeriahan Acara Menyambut HUT RI ke-78 di SMPN 5 Pekanbaru

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Dalam rangka memeriahkan Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 Tahun 2023, SMP Negeri 5 Pekanbaru yang beralamat di Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau mengelar sejumlah perlombaan, Rabu (16/8/2023).

Kegiatan lomba yang ditaja sekolah tersebut diantaranya, lomba estapet Air, estapet tepung,Tarik Tambang, Pacu karung dan permainan Ekor Naga. dari sejumlah lomba yang dipertanding kan itu, yang paling heboh dan seru adalah lomab Estapet Air dan Permainan Ekor Naga.

Sehubungan dengan giat lomba tersebut Kepala SMP Negeri 5 Pekanbaru Ibu Dra.Evie Vayeni melalui Wakil Kesiswaan Bapak Solihin,M.Pd menjelaskan bahwa dalam memeriahkan Dirgahayu kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 ini pihaknya (SMPN5) Pekanbaru membuat kegiatan perlombaan dengan menyediakan berbagai hadiah yang menarik.

“Bersempena peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini kami menggelar berbagai kegiatan yang salah satunya lomba lomba permainan rakyat, seperti lomba Estapet Tepung, Estapet air, pacu goni,Tarik Tamnba,Permainan Ekor Naga.Hal ini dilakukan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan NKRI ini.

Dikatakan, momen perayaan HUT RI ke-78 ini juga sebagai sarana pembelajaran bagi siswa dalam menjalin kerjasama yang baik serta kekompakan, karena disetiap lomba pesertanya berkelompok.

“Banyak nilai nilai edukasi dalam kegiatan kita ini,misalnya pada permainan estapet tepung dan air, para peserta harus saling mendukung agar air atau tepung bisa banyak dikumpulkan kelompok dan jika tidak kompak maka kelompok mereka akan dapat dikalahkan oleh kelompok lawan,”sebut Solihin,M.Pd.

Keseruan permainan lomba ini kata Solihin,M.Pd ada pada lomba Estapet Air.Dimana permainan ini harus berkelompok, satu kelompok berjumlah 5 sampai 7 orang,peserta yang berada didepan akan memindahkan air yang ada dalam piringnya kepada piring temannya yang ada dibelakangnya melalui atas kepala dan demikian seterusnya,anggota kelompok yang paling belakang akan mengumpulkan air kedalam ember yang telah disediakan panitia.Bagi kelompok yang paling banyak mengumpulkan air hingga batas waktu yang ditentukan dialah yang keluar sebagai pemenang.

Sementara permainan Ekor Naga juga merupakan permainan berkelompok, satu kelompok berjumlah 5 sampai 7 orang.Setiap kelompok pada peserta deretan belakang dipasangi balon dan kelompok lawan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memecahkan balon lawan dan siapa yang bisa dialah sebagai pemenang.

“Seluruh pemenang lomba antar kelas ini akan diberikan hadiah yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.Hadiah para pemenang akan dibagikan setelah pelaksanaan upacara tujuh belasan,”sebut Solihin,M.Pd.

Dirinya berharap, melalui momen peringatan HUT kemerdekaan ke-78 tahun 2023 ini dapat menumbuh kembangkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam diri siswa SMP Negeri 5 Pekanbaru.(dy).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *