Kendati Diera Pandemi, Program Ramadhan Gemar Berinfak SMPN 13 Pekanbaru Tetap Berjalan Lancar

  • Whatsapp
             ( Kepala SMPN 13 Pekanbaru Zurdianto,M.Pd )

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Berinfak adalah suatu perbuatan mengeluarkan sebagian harta atau benda dan diserahkan kepihak lain.Infak menjadi salah satu implementasi amal ibadah seseorang terhadap Allah SWT dalam kehidupan sehari hari.Dalam berinfak terkandung nilai-nilai keikhlasan dalam berbuat baik dan beramal saleh.

Selain itu, infak juga bernilai sosial tinggi, tolong menolong dan rela berkorban.Kebiasaan berinfak sudah seharusnya ditanamkan sejak dini.Kebiasaan ini akan menumbuhkan kegemaran untuk beramal saleh dan berbuat kebaikan kepada sesama,tutur Kepala SMP Negeri 13 Pekanbaru Zurdianto,M.Pd kepada www.ojenews.com saat media ini berkunjung dan berbincang seputar implementasi program Sekolah Model Madani yang disandang sekolah tersebut,Kamis (22/4/2021).

“Di SMP Negeri 13 Pekanbaru, kegemaran berinfak dan khusus di bulan Ramadhan selalu diupayakan, karena sesuai dengan program Sekolah Model Madani sebagai status yang disandang sekolah kita ini.kegemaran ini juga akan menanamkan nilai-nilai spiritual dalam diri siswa, maka dari itu berinfak dan kegemaran berinfak harus ditumbuh kembangkan pada diri siswa.Namun kegemaran ini juga harus dilandasi dengan iklas. Artinya gerakan gemar berinfak dilandasi dengan keikhlasan dan bukan dengan paksaan atau desakan.Dengan demikian pelaksanaan pengumpulan infak di sekolah akan memberikan efek positif kepada polapikir generasi pelajar,”jelas Zurdianto.

Dikatakannya,sebelum dilaksanakan program gemar berinfak, pihak sekolah dan guru terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada siswa tentang gerakan gemar berinfak.Tujuannya adalah supaya tumbuh pemahaman dan kesadaran dalam diri siswa untuk beramal saleh termasuk berinfak dengan ikhlas dengan tanpa paksaan.

“Sebelum gerakan ini kita terapkan, kepada siswa kita berikan pemahaman tentang melaksanakan infak dan sedekah akan menghasilkan pahala yang berlipat ganda serta rezeki yang melimpah.Tujuannya tiada lain dan tiada bukan adalah supaya tumbuh pemahaman dan kesadaran dalam diri siswa untuk beramal saleh termasuk berinfak dengan ikhlas tanpa terpaksa dan sekeder ikut ikutan,”katanya.

Kegunaan dana infak disekolah SMP Negeri 13 Pekanbaru yang berstatuskan Sekolah Model Madani ini sepenuhnya digunakan untuk kepentingan agama dan kegiatan sosial siswa termasuk pemberian santunan kepada siswa anak yatim dan fakir miskin.

Zurdianto berharap melalui program gemar berinfak disekolahnya ini akan dapat menumbuh kembangkan semangat kepedulian sosial dan semangat tolong menolong yang tinggi dalam jiwa siswanya hingga melahirkan generasi yang memiliki karakter islami.(dy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *