Kantor KPPN Ketapang Selenggarakan Media Briefing Kinerja Instansi Vertikal

Ojenews.com Ketapang Kalbar,- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ketapang menyelenggarakan Media Briefing Kinerja Belanja Instansi Vertikal, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, dan Dana Desa periode Januari 2024 secara daring dengan mengundang seluruh instansi vertikal dan mitra kerja KPPN Ketapang.

Kepala KPPN Ketapang, Ismail, SST.Ak, M.Comm, membuka media briefing sekaligus menyampaikan kinerja: belanja instansi pemerintah dan transfer ke daerah; penyaluran Kredit Usaha Rakyat dan Ultra Mikro (UMi); serta digitalisasi pembayaran (Kartu Kredit Pemerintah dan Cash Management System).

Sampai dengan 26 Januari 2024, Ismail menyampaikan bahwa secara keseluruhan, realisasi belanja yang disalurkan KPPN Ketapang mencapai Rp187,62 Miliar dari alokasi Rp3,21 Triliun atau sebesar 5.84%.

Realisasi Belanja Pemerintah Pusat melalui Instansi Vertikal sampai dengan 26 Januari 2024 tersebut terakselerasi 3,72% dari Januari tahun 2023, di mana terdapat akselerasi belanja pegawai yang meningkat 0,24%, belanja barang 3,98% dan belanja modal 0,12% dibandingkan Januari 2023.

Selain itu, Belanja Transfer ke Daerah juga mengalami akselerasi penyerapan dibandingkan dengan Januari tahun 2023. Realisasi sampai 26 Januari 2024 telah mencapai 5.99% atau terakselerasi sebesar 3,36%

Peningkatan tersebut didukung oleh komitmen para pimpinan dan pengelola keuangan instansi vertikal dan Pemerintah daerah yang semakin baik, bahwa penyerapan anggaran yang tepat waktu sangat penting untuk mendukung pergerakan kebangkitan ekonomi masyarakat.

Kepala KPPN Ketapang juga menyampaikan program digitalisasi pembayaran Pemerintah yang terus digalakkan khususnya pada wilayah Kab. Ketapang dan Kayong Utara. Digitalisasi pembayaran Pemerintah tersebut dilakukan melalui platform marketplace Pemerintah yaitu Digipay Satu, penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, dan penggunaan Cash Management System (CMS) yang meningkatkan keandalan dan transparansi belanja Pemerintah.
Dalam kesempatan ini, Sekretariat BAWASLU Ketapang merupakan satuan kerja pertama di tahun 2024 yang telah bertransaksi secara digital melalui Kartu Kredit Pemerintah.

Digitalisasi tersebut juga berperan penting untuk mendukung UMKM di sekitar. Belanja instansi vertikal di daerah yang besar, akan sangat berdampak kepada perekonomian daerah jika dapat disalurkan kepada UMKM lokal di daerah tersebut.

Tidak ketinggalan, Kantor Imigrasi Ketapang, merupakan satuan kerja pertama di tahun 2024 ini yang telah bertransaksi secara digital melalui Digipay kepada UMKM.

Di akhir kegiatan, Kepala KPPN Ketapang menambahkan bahwa pihaknya terus mengawal penyaluran dana APBN agar dapat secara optimal menjadi stimulus positif untuk mendukung laju pertumbuhan ekonomi di Kab. Ketapang dan Kayong Utara.

Sekretariat BAWASLU Ketapang dan Kantor Imigrasi Ketapang diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh satuan kerja dalam mendukung kebijakan digitalisasi pembayaran di daerah dan sekaligus mendorong kesejahteraan pelaku usaha UMKM secara nyata. Keren!
(Tim Kehumasan KPPN Ketapang).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *