Gubri Instruksikan Diskes Riau Jemput Pasien Kanker Mata di Rohil

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-
Setelah dapat laporan salah seorang masyarakat tidak mampu di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) alami kanker mata, Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution perintahkan Dinas Kesehatan (Diskes) Riau segera tindak lanjuti.

Diskes Riau telah menemui pasien yang bernama Sumiati, berusia 54 tahun tersebut, dan akan segera dibawa kerumah sakit Arifin Achmad Pekanbaru untuk diberikan pengobatan.

Penjemputan pasien tersebut, dipimpin lansung oleh Kepala Diskes Riau, drg Sri Sadono Mulyanto. Dimana sesuai laporannya kepada Gubernur Riau, pasien akan dibawa ke Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Arifin Achmad besok pagi, Senin (15/01/24).

Kadiskes Riau menyampaikan, kondisi pasien memang cukup memprihatinkan karena terkendala biaya secara pribadi, tambah lagi BPJS pasien tidak aktif, nunggak karena tidak mampu membayar iuran bulanan.

“Saat ini pasien sudah kita tindak lanjuti sesuai arahan bapak Gubernur yang segera kita bawa ke RSUD Arifin Achmad dan di fasilitasi dengan Jamkesda,” katanya.

Sebelumnya kata Kadiskes, ia juga mengkoordinasikan pasien ini dengan pihak kesehatan setempat, diantaranya dengan Kepala Puskesmas Kecamatan Balai Jaya, dr Samina yang mengantarkan lansung ke rumah pasien.

Sedangkan untuk tindaklanjut pengobatan, ia juga sudah mengkoordinasikan dengan Kepala RSUD Arifin Achmad yang sudah mempersiapkan tempat untuk pasien.

“Penjemputan kita sempat terkendala karena banjir di perjalanan. Namun saat ini kita sudah tinggal membawa pasien. Insyaallah besok Senin kita sudah bawa ke RSUD Arifin Achmad,” jelasnya.

Lebih jauh Ibeng menjelaskan, jika pasien dan suaminya tinggal dirumah anak dan tempat menantunya bekerja di perusahaan perkebunan Rumbia 1, Desa Balam Sempurna, Kecamatan Balai Jaya, Rohil.

Suami pasien hanya seorang petani dan memiliki 6 orang anak yang semuanya putus sekaloh dan hanya tamat SD.
“Dari semua anaknya itu, juga ada satu orang yang mengalami cacat pada penglihatan. Yaitu matanya tidak bisa melihat normal,” tutur Ibeng.

Sementara Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution mengatakan, instruksi yang ia lakukan itu bukan hanya karena rasa prihatin, tapi juga tanggungjawab dimana pemerintah harus hadir untuk masyarakat. Dimana semua ini juga akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT sebagai pemimpin di daerah.

“Jangan sampai besok jadi pertanggungjawaban kita kepada Allah SWT. Maka itu saya perintahkan berikan pelayanan dengan baik dan maksimal,” kata Gubri.

Mantan Danrem 031 Wira Bima ini, juga mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Kadiskes Riau besama tim, RSUD dan pihak terkait lainnya yang lansung menindaklanjuti pasien dengan cepat.

“Mudah-mudah jadi amal ibadah dan pasien terbantu untuk mengobati penyakit yang di alami saat ini,” tutup Gubri. (Oje/rls)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *