Tarian Tanah Kayong Meriahkan Hari Jadi Ketapang Ke-605

Ojenews.com Ketapang:HumpproDPRD – Persembahan tarian Tanah Kayong memeriahkan hari jadi Ketapang yang ke-605. Ratusan peserta mengikuti tarian massal tersebut di halaman Kantor Bupati Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (10/3/2023) pagi.

Hentakan irama dan gerakan tarian para peserta tampak kompak. Busana para penari yang penuh warna menambah semarak penampilan tarian tersebut.

Istri dari bupati dan wakil bupati Ketapang Ny. Elisabeth Betty Martin dan Ervani Masitha Farhan juga tampak ikut berbaur bersama ratusan penari.

Para peserta tarian ini berasal dari organisasi wanita di Kabupaten Ketapang (PUAN). Tarian massal tersebut juga sebagai ajang promosi Batik Nage Belimbur.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ambil bagian dalam menyemarakkan acara tersebut.

“Rangkaian acara kita hari ini sampai nanti sore hingga besok pagi, semoga berjalan lancar dan semarak. Dan kita semakin kompak, solid, bersatu, bersinergi, berkolaborasi untuk mewujudkan Ketapang maju dan menuju masyarakat sejahtera,” ujar sekda.

Pada kesempatan itu, sekda juga melontarkan pantun. Ratusan peserta menyambut pantunnya dengan meriah.

“Membeli kain ke pasar lama, hargenye mahal berbahan sutra. Selamat hari jadi Ketapang yang ke-605, mari kita bersatu mewujud Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” kata sekda mengakhiri.

Sementara itu Lembaga KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) PUAN (Perempuan) Ketapang Miniarti, A.Md menjelaskan, tarian massal yang berjumlah 600 orang penari ini diikuti oleh seluruh kelompok masyarakat di Ketapang. Persiapan yang hanya dilakukan 2 kali di Halaman Kantor Bupati Ketapang ini sekaligus memperkenalkan adat budaya kepada generasi penerus.

“Kami dari KIM Puan Ketapang sangat berharap sekali dengan diadakannya tarian massal ini bisa mengenalkan adat budaya kepada generasi penerus nanti. Salah satunya seperti mengangkat Batik Nage Belimbor khas Ketapang tahun ini sehingga bisa mengenalkan salah satu warisan budaya Kabupaten Ketapang kepada masyarakat luas,” ungkapnya.

Hari Jadi Ketapang ke-605 jatuh pada tanggal 11 Maret 2023. Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar serangkain kegiatan demi memeriahkan hari jadi tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *