Polres Ketapang Gelar Komprensi Perss di Akhir Tahun 2023

Ojenews, com, Ketapang, Kalbar. Polres Ketapang laksanakan Conferensi Pres di aula Polres Ketapang pada Minggu ( 31/12/2023), acara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang AKBP. Tomy Ferdian SIK.M.S.C dalam paparannya Tomy menyampaikan secara keseluruhan,trend gangguan katimas di wilayah hukum Polres Ketapang sepanjang tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dinamika kegiatan masyarakat serta situasi Kamtibmas yang terus berkembang.

” tentunya dalam hal ini polres Ketapang terus berupaya untuk menekan segala bentuk pontensi gangguan katibmas agar gangguan nyata melalui peningkatan pelaksanaan tugas rutin dan insidentil serta memulai sinergi bersama unsur TNI, Pemda Ketapang, instansi pemerintahan , organisasi kemasyarakatan, awak media dan tentunya bersama warga masyarakat kabupaten Ketapang untuk menjaga serta memilihara Kamtibmas yang kondusif di kabupaten Ketapang ” ungkapnya

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan beberapa kegiatan tindak pidana yang mengalami peningkatan diwilayah hukum polres Ketapang sepanjang tahun 2023.

Kasus tindak pidana umum
Secara umum tingkat kriminalitas diwilayah hukum polres Ketapang dan jajaran tahun 2023 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2022 sebanyak 507 kasus tidak pidana yang dilaporkan. Artinya tahun 2023 ini mengalami peningkatan sebanyak 67 jumlahnya kasus tidak pidana atau sebesar 11% dibandingkan tahun 2022.

Ditinjau dari faktor penyelesaian perkara (selera), terjadi kenaikan presentase keberhasilan penyelesaian perkara pada tahun 2023 bila dibandingkan dengan tahun 2022. Di tahun 2023, dari total 96,7 % tingkat penyelesaian perkara tercatat di angka 86, 2%.

Untuk jumlah tersangka yang terlibat kasus pidana pada tahun 2023 berjumlah <span;>427<span;> tersangka dengan rincian tersangka <span;> laki laki dewasa: 399, wanita dewasa: 20 orang dan Remaja dibawah umur sebanyak 8 orang.

Kasus tidak Pidana Korupsi Selama tahun 2023, untuk kasus tidak pidana korupsi yang ditangani satuan Reskrim polres Ketapang adalah sebanyak 5 laporan polisi yaitu sebagai berikut:

Tiga laporan polisi yang dilaporkan pada tanggal 29 September 2023 dan 30 November 2023. Ketiga laporan polisi ini terkait dengan dugaan penyimpangan pada pengoloaan bantuan stimulan perusahaan swadaya (BSPS) yang terjadi di kecamatan delta Pawan dengan menggunakan dana APBN tahun 2016. Kerugian yang di timbulkan dari kasus ini nilai Rp 548.514.397 rupiah. Terkait kasus ini, sudah ditetapkan sebanyak 6 orang tersangka dan dalam proses pemberkasan perkara.

Dua laporan polisi terkait Penyimpangan dana Desa yaitu laporan penyimpangan Dana Desa Lembah Mukti di kecamatan manis mata dengan dugaan kerugian yang dialami negara senilai 250 juta rupiah. Dan laporan penyimpangan Dana Desa Kuala tolak kecamatan Matan Hilir Utara dengan dugaan kerugian yang dialami negara senilai 180 Juta rupiah. Saat ini proses penanganan kedua laporan ini dalam tahapan gelar perkara.

Kasus menonjol di rentang tahun 2023, terdapat satu kasus kejahatan yang viral dan menjadi perhatian warga masyarakat Ketapang, yaitu kasus meninggalnya seorang anak perempuan berusia 7 tahun bersama Yesa, yang diduga meninggal secara tidak wajar di rumah orang tua angkatnya di kecamatan Sandai pada tanggal 23 November 2023 lalu.

Mulai serangkaian penyelidikan dan penyidikan dengan menerapkan motode Scietific Crime investigation, pada 3 Desember 2023 penyidikan polres Ketapang menetapkan 7 tersangka diantaranya adalah kedua orang tua angkat korban. Dimana para tersangka memiliki peran masing-masing dalam kasus ini.

Adapun dari hasil pemeriksaan, motif dari para tersangka melakukan penyiksaan kepada korban dikarenakan karban sering tidak jujur, misalnya mengambil makanan tidak izin, buang air kecil sembarangan, susah dikasih tahu dan tidak mau menurut.

Saat ini ketujuh tersangka berserta barang bukti sudah diamankan di polres Ketapang dan penanganan perkara sudah di taha satu ( penyerahan berkas perkara ke JPU)

Untuk kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba, pada tahun 2023 ini, polres Ketapang menangani sebanyak 96 kasus tidak pidana penyalahgunaan narkoba naik, sebanyak 3 kasus bila dibandingkan dengan tahun 2022 yang tercatat terjadi 93 kasus. Untuk pelaku dan barang bukti yang berhasil diamankan dari pengamanan kasus tindak pidana narkoba tahun 2023 ini.

Dari hasil diamankannya barang bukti sabu seberat 833, 90 gram oleh polres Ketapang selama tahun 2023, dimana setiap gramnya dapat digunakan oleh 8 orang sehingga Polres Ketapang setidaknya sudah menyelamatkan sekitar 6.672 warga masyarakat dari bahaya narkoba. Kedepan pada tahun 2024, satuan Narkoba Polres Ketapang menargetkan setidaknya 1 kg barang bukti sabu untuk untuk di lakukan penguapan.

Kasus kecelakaan lalulintas
Untuk kasus kecelakaan lalulintas diwilayah hukum polres Ketapang sepanjang 2023 ini terjadi 57 kasus kecelakaan lalulintas di jalan raya dengan korban meninggal dunia sebanyak 39 jiwa. Di bandingkan dengan tahun 2022 dimana terjadi 63 kasus kecelakaan lalulintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 40 jiwa, terjadi penurunan angka kasus kecelakaan sebanyak 6 kasus atau sekitar 9,5% , begitu juga jumlah korban meninggal yang menurun 1 jiwa atau sekitar 0, 6% .

Polres Ketapang saat mengelar operasi terpusat mantap Brata Kapuas 2023- 2024 sebagai langkah dalam menjaga keamanan dan ketertiban Kamtibmas dalam setiap tahapan Pemilu presiden dan Legislatif tahun 2024.

Sebanyak 162 prosonil Polres Ketapang dilibatkan dalam operasi ini dibagi didalam satuan satuan satgas yaitu:
Satuan satgas Preventif
Melaksanakan pengamanan dalam situasi arus lalu lintas serta melaksanakan patroli dan pengawasan terhadap kegiatan kampanye
Satuan satgas Gakkum
Melaksanakan pencegahan dan peningkatan tidak pidana Cyber Crime melalui patroli, pengumpulan pengolahan serta analisis data dari media cyber. Selain itu satgas Gakkum juga melaksanakan penyidikan dan penyelidikan terhadap tindak pidana yang terjadi saat penyelenggaraan pemilu.
Satuan tugas bantuan operasi
Sebagai satuan tugas dalam mendukung kelancaran pelaksanaan operasi seperti dukungan pengamanan internal dan dukungan kesehatan.
Selain melanggar operasi terpusat mantap Brata Kapuas 2023-2024 Kapolres Ketapang sedang menggelar operasi lilin Kapuas 2023 untuk pengamanan perayaan Natal 2023 dan malam pergantian tahun dimana sebanyak 80 personil polres Ketapang diterjunkan dalam operasi ini. Adapun objek pengamanan dalam operasi lilin Kapuas tahun 2023 ini adalah 94 gereja diwilayah kabupaten Ketapang yang melaksanakan ibadah misa serta kegiatan masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun baru.

Polres Ketapang juga menyiapkan 2 pos pengamanan di pos 8, 2 pasar baru dan pos Gereja Santo Agustinus,1 pos pelayanan di pos satlantas simpang Ale Ale serta 1 pos terpadu di bandara Rahadi Oesman dalam mendukung kegiatan operasi lilin Kapuas 2023.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *