Ketua DPRD Kab. Ketapang Hadiri Pagelaran Musik Melayu dan Penutupan Lomba Permainan Rakyat Tahun 2022

Ojenews,com,Ketapang Kalbar,-Ketua DPRD Kab. Ketapang M. Febriadi, S.Sos,M.Si hadiri Pagelaran Musik Melayu dan Penutupan Lomba Permainan Rakyat dalam rangka memeriahkan hari Sumpah Pemuda dan Milad ke 5 Perkumpulan Lawang Kekayun (PLK) Negeri Matan Tanjung Pura, Minggu tanggal 30 Oktober 2022 di halaman Kantor bupati Ketapang. Dengan mengusung tema ” Dengan Kegiatan Ekspresi Budaya Melayu Ketapang Tahun 2022 kita tingkatkan Literasi Budaya Melanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Ketua Panitia Hakim surya Putra,M.Pd, meyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu cuaca kita tidak menentu sering terjadi hujan dan kemudian termasuk lapangan ini kurang mendukung tapi alhamdulillah selama pelaksanaan kita bersyukur karena cuaca yang benar-benar mendukung dan bisa digunakan Kegiatan lomba.

Kemudian Hakim surya Putra juga berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Ketapang dan juga Kementerian Pendidikan sehingga kegiatan ekspresi budaya yang menampilkan lomba permainan rakyat dan malam ini adalah malam pagelaran musik Melayu juga dapat bisa dilaksanakan.

Hakim surya Putra menyampaikan juga dari kegiatan adat budaya Melayu ini terdiri dari dua kegiatan yaitu lomba permainan rakyat dan pagelaran musik Melayu untuk memeriahkan hari sumpah pemuda serta milad ke-5 perkumpulan Lawang Kekayaan Negeri Mantan Tanjungpura, untuk lomba permainan Rakyat terdiri dari Meriam Buloh,Pangkak Gasing,Kalang Tabong,Guli,Ketapel,dan Cungkit.

Kita harus ketahui bersama bahwa permainan rakyat maupun musik adalah produk dari kebudayaan Oleh karena itu dari perkumpulan untuk mengembangkan,untuk melestarikan dan menghidupkan kembali serta memajukan kebudayaan kita termasuk pada malam hari ini yaitu budaya Melayu kami juga Siap bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Ketapang termasuk dengan organisasi.

Ketua Lawang Kekayun yang disampaikan oleh Ketua Harian Citra Eka Syandi,S.T.,M.T, mengataan Perkumpulan Lawang Kekayun ini merupakan wadah bagi kami anak-anak muda yang dulunya ingin belajar dan ingin menggali nilai-nilai sejarah Kabupaten Ketapang terutama sejarah Melayu yang kami rasa saat itu terutama di kalangan anak-anak muda itu sangat jarang sekali ditemukan karena sudah mulai meninggalkan budaya Melayu dan terutama sudah hilang di kawasan perkotaan.

Dalam perkumpulan Lawang Kekayun ini kami bisa saling berbagi saling memberikan informasi untuk terus ber karya ini agar budaya ini tidak hilang dari generasi terus sambung menyambung dari warisan orang tua terutama Melayu jadi di sini kita bahwa kita ini perkumpulan yang berbasis pada budaya sehingga kita ini murni sebagai organisasi adat Melayu yang agar supaya budaya-budaya yang ada di adat Melayu ini tetap dilestarikan dan tetap bisa diteruskan kepada anak-anak kami atau bahkan ke cucu-cucu kami kelak.

Tidak terasa 5 tahun ini kami berdiri beberapa karya yang sudah kami sediakan kepada pemerintah Kabupaten Ketapang maupun karya dalam bentuk tulisan ataupun yang lain.

Ditempatnyang sama Ketua DPRD Kab. Ketapang M. Febriadi, S.Sos,M.Si, menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah mengundang dan memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan sambutan pada acara malam ini. Perlu kita ketahui adat melayu ini bukan hanya sekedar organisasi akan tetapi merupakan suatu adat budaya yang sudah ada karena melayu merupakan mayoritas penduduk di Kabupaten Ketapang.

Teruslah berbuat untuk terus melestarikan adat dan budaya melayu agar Adat dan Budaya yang ada di tanah air maupun di Kabupaten Ketapang ini tidak hilang ditelan jaman dan ditelan oleh budaya-budaya dari luar negeri. Yang jelas saya salut dan bangga serta mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh perkumpulan lawang kekayun ketapang yang terus berbuat dan berupaya untuk melestarikan berbagai adat dan budaya serta kesenian melayu di kabupaten ketapang.

Saya berharap kedepan acara seperti ini dapat terus dilaksanakan dan terus ditingkatkan. Mari kita saling bergandeng tangan dan bersinergi untuk terus menjaga warisan leluhur kita di tanah ketapang ini.

Sedangkan Wakil Bupati Ketapang H. Farhan SE., Msi dalam sambutanya mengatakn, Saya atas nama pemerintah Kabupaten Ketapang, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pengurus perkumpulan lawang kekayun negeri matan tanjungpura dan panitia pelaksana acara pagelaran musik melayu ketapang perkumpulan lawang kekayun negeri matan tanjungpura tahun 2022, yang bekerja dengan kompak sehingga pangelaran musik melayu ketapang tahun 2022 dapat laksanakan sesuai dengan yang telah direncankan.

cPagelaran musik melayu Ketapang tahun 2022 yang diselenggarakan oleh perkumpulan lawang kekayun negeri matan tanjungpura bekerjasama dengan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik indonesia, dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya, yang hidup, tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat melayu. langkah tersebut perlu dilakukan, agar nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh para leluhur, tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif, sehingga dapat menyebabkan kita kehilangan jati diri. sikap yang demikian bukan berarti menutup diri pada pergaulan global yang dinamis, melainkan sebagai sikap dan rasa tanggung jawab kita selaku pemegang tongkat estafet terhadap amanah generasi terdahulu untuk diteruskan kepada generasi masa kini dan masa mendatang.

Saya berharap pagelaran musik melayu ketapang tahun 2022 menjadi ajang untuk memberi hiburan kepada masyarakat, melestarikan budaya bangsa khususnya seni dan budaya melayu ketapang,mempublikasikan karya seni seniman-seniman melayu kepada masyarakat dan menumbuhkan motivasi untuk masyrakat pecinta seni dan budaya melayu agar dapat berkarya serta sebagai sarana promosi dan media untuk mempererat persatuan dan kesatuan dalam memajukan kebudayaan daerah.

Penyelenggaraan pagelaran musik melayu ketapang tahun 2022 yang kita laksanakan, merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan pemerintah untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya melayu dalam rangka memperkuat budaya nasional. hal ini sejalan, dengan pasal 32 ayat 1 undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 yang berbunyi “negara memajukan kebudayaan nasional di tengah tengah peradaban dunia, dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya” dan pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan sangat mendukung acara pelestarian budaya seperti yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Lawang Kekayun Negeri Matan Tanjungpura dan selanjutnya akan menetapkan pagelaran musik Melayu Ketapang dan lomba permainanan rakyat sebagai agenda daerah tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Ketapang juga memberikan kesempatan yang sama kepada semua paguyuban etnis dan komunitas seni budaya dikabupaten ketapang untuk berpartisipasi dalam pengelolaan dan pengembangan budaya daerah agar terus berkembang dan tetap lestari.

g. Pada kesempatan yang berbahagia ini mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada majelis adat dan budaya melayu (MABM) Kabupaten Ketapang, dewan Mangku IKKRAMAT, Perkumpulan Lawang Kekayun Negeri Matan Tanjungpura, Ir. Gusti Kamboja,MH dan Mahmud Mursalim, S.Pd.I yang telah bekerjasama dengan baik dengan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Ketapang mendaftarkan warisan budaya melayu ketapang yakni syair gulung ketapang keputusan menteri sehingga melalui surat pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia nomor 414/p/2022 ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Ketapang H. Farhan SE., Msi, Ketua DPRD Kab. Ketapang M. Febriadi, S.Sos,M.Si., Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP, M. Si., Kajari Ketapang diwakili Kasi Intel Fajar Yulianto,SH., Danlanal diwakili Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) Tri Sulistiono., Kapolres Ketapang diwakili Kapolsek Delta Pawan Iptu Candra Wirawan,SH.,M.Si., Dewan Pembina Perkumpulan Lawang Kekayun Rustami,M.Kes., Disparbud Kabupaten Ketapang Samson Nopen,SE.,M.Ap., Camat Delta Pawan Bpk Syarif Mahadi, S.AP, ME., Tokoh Masyarakat dan Adat Kabupaten Ketapang dan Tamu Undangan Lainnya.**ms.rz).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *