Eks Pekerja PT.Batara Laman Nusantara Ajukan Surat Pengaduan Pada Disnakertrans Terkait Prihal BPJS Ketenagakerjaan

Ojenews, com, Ketapang Kalimantan Barat,- EKS perkerja PT, Batara Laman nusantara membuat surat pengaduan Disnakertrans,jalan Hos, Cokroaminoto No, 32 ,kabupaten ketapang Kalimantan Barat kamis 3/11/2022.

Surat tersebut ditujukan kepada kepala disnakertrans dan pengawasan disnakertrans dengan prihal pengaduan dan tidak lanjut perselisihan hal BPJS ketenagakerjaan EKS- perkerja PT, Batara Laman Nusantara, sehubungan dengan ini mengajukan pengaduan tidak lanjut kepada dinas Tenaga kerjaan dan transmigrasi kabupaten ketapang propinsi Kalbar, perihal perselisihan hak terkait adanya penyimpangan dana iyuran BPJS ketenagakerjaan yang telah dilakukan oleh PT, Batara laman Nusantara beralamat ruko florencia blok AA, 11-12 dijalan blouleverd bukit gading raya, kelapa gading jakarta utara Indonesia. Disebut Pengusaha.

Adapun duduk permasalahannya adalah sebagai berikut; 1, bahwa antara pengusaha dengan perkerja telah terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) pada tanggal 09 April 2022. 2, bahwa faktanya pihak perkerja mau melakukan klaim BPJS tenaga kerjaan mulai November 2021 sampai dengan 09 April 2022, dimana sesuai peraturan undang-undang BPJS, UU. No 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggaraan jaminan sosial (UU.BPJS) di undangan sebagai pelaksanaan ketentuan UU SJSN pasal 5 ayat (1) dan pasal 52 ayat 2 pasca putusan mahkamah konstitusi atas perkara No. 007/PUU/III/2005. 3,Bahwa oleh karena gak normatif merupakan hak perkerja yang dimiliki dan harus dipenuhi berdasarkan undang-undang, maka perkerja masih Meresever (mencadangkan) Hak-haknya agar dipenuhi apabila pengusaha belum melaksanakan kewajibannya tersebut; 4, bahwa ini mengingat BPJS ketenagakerjaan berupa jaminan hari tua, merupakan hak mutlak perkerja, yang harus dikembalikan secara utuh, sebab dana tersebut diambil dari upah potongan para perkerja, yang harus dikembalikan secara utuh, sebab dana tersebut diambil dari upah potongan para perkerja setiap bulannya pertama kali perkerja sampai dengan 10 April 2022. 5, bahwa dinas Tenaga kerjaan dan transmigrasi kabupaten ketapang propinsi kalimantan Barat, selaku pejabat negara sebagai memberikan kewenangan melakukan pengawasan sudah sepatutnya memangil para pihak-pihak yang berselisih terkait dengan BPJS ketenagakerjaan yang belum diberikan secara sepenuhnya kepada EKS-perkerja; 6, bahwa dengan ini kami memohon kepada dinas Tenaga kerjaan dan transmigrasi kabupaten ketapang propinsi kalimantan Barat, untuk penyelesaian permasalahan ini hingga sampai dikeluarkannya “Nota Anjuran”.
Demikian surat ini kami sampaikan bahwa kami sangat menghargai apresiasi kerja keras dinas tenaga kerjaan, atas segala perhatiannya kami ucapkan terimakasih. Di tandatangani oleh lima (5) perwakilan para perkerja, Agus sulistio, kardianto, supardi, suandy, wiwit,
Dengan lampiran bukti para EKS-perkerja selip gaji yang telah dipotong setiap bulannya melalui upah para perkerja, dan surat pengalaman kerja.

Tebusan surat, 1,Gebenur kalimantan Barat,2, Asisten ketenagakerjaan masyarakat kabupaten ketapang kalimantan Barat, 3,Dir, jen. Pimpinan dan pengawasan hubungan industrial Depnakertrans, 4, Derektur penyelesaian perselisihan hubungan industrial Depnakertrans, 5, pengawasan norma tenaga kerjaan Depnakertrans, 6, Depresi PT, Batara laman Nusantara,7, kepala cabang kantor BPJS ketenagakerjaan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *