Anggota DPRD Ketapang Sampaikan Hasil Reses

Ojenews.com Ketapang:HumproDPRD, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses anggota DPRD masa Persidangan ketiga Rapat Paripurna KE – 14 Tahun Sidang 2022-2023, Senin (7/8/2023) di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Ketapang.

Rapat dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Ketapang H Suprapto, S.Pd.,MM dan didampingi Wakil Ketua DPRD H Mathoji, SE. Jamhuri Amir, SH yang dihadiri Bupati Ketapang diwakili Asisten I Sekda Drs. Heryandi,M.Si, Anggota DPRD dari Enam Daerah Pemilihan di Kabupaten Ketapang, Sekretaris DPRD H Agus Hendri, SE.,M.Si, forkopimda, Pimpinan Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD), dan undangan lainnya.

Wakil Ketua DPRD Ketapang, H Suprapto mengatakan, dalam agenda reses, setiap anggota DPRD sudah semestinya kembali kepada daerah pemilihan masing – masing. Tujuannya guna melihat, memonitoring serta mengevaluasi pelaksanaan pembangunan bersumber dari APBD th 2022.

“Selain itu, reses Anggota DPRD juga melihat dan mengawasi kebijakan pemerintah daerah lainnya. Sekaligus mendengarkan dan menyerap aspirasi yang disampaikan masyarakat pada daerah pemilihan masing masing,” kata Suprapto.

Dari dapil Ketapang I laporan kegiatan Pelaksanaan reses disampaikan oleh Riyan Heryanto, dapil ketapang II disampaikan Susilia Isabela, A.md, dapil Ketapang III disampaikan Usman Diyanto, Dapil Ketapang IV disampaikan Thomas Perlyan, SIP.,M.Sos, dapil Ketapang V disampaikan Gusmani, S.E, SM. Sedangkan dapil Ketapang VI disampaikan oleh Achmad Sholeh, ST.,M.Sos.

Daerah Pemilihan Kabupaten I : Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang I ( satu ) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:

a. Terus melakukan peningkatan dan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasrana pertanian,perkebunan dan peternakan yang dapat menjadi salah solusi peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat termasuk adanya bantuan bibit ternak, bibit benih padi unggul dan bibit pohon buah-buahan dan lain-lainnya.

b. Kepada dinas ketahanan pangan dan perikanan agar dapat membuat program-program di bidang perikanan yang dapat membantu nelayan dalam meningkatkan pendapatannya seperti bantuan kapal nelayan, sampan, mesin dan alat tanggkap bagi nelayan, serta bantuan pembuatan rompong ikan dan gps yang dapat menuntun nelayan dalam mencari ikan. pembangunan dan bantuan di sektor ini juga menjadi menjadi salah solusi peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat saat ini.

c. Peningkatan dan pembangunan infrastruktur kesehatan, baik yang ada di rumah sakit umum daerah agoesdjam maupun di puskesmas-puskesman yang ada di kecamatan- kecamatan dan di tempat fasilitas kesehatan lainnya.

d. Memberikan bantuan sosial dan hibah, perbaikan rumah bagi masyarakat yang tinggal di rumah yang tidak layak huni.

e. Bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana rumah- rumah ibadah, pesantren, tpa, dan lain-lainya sebagai saran meningkat sumber daya manusia dan meningkatkan keimanan.

f. Penataan dan pembangunan infrastruktur tempat-tempat wisata seperti pantai dan tempat-tempat wisata lainnya termasuk peningkatan dan pembangunan jalan dan jembatan di pantai air mata permai dan pantai tanjung belandang serta pantai tanjung bawang dan tempat tempat wisata lainnya.

g. Lanjutan pembangunan barau timbun gang-gang pemukiman penduduk.

h. Pembangunan jalan atau gang-gang baru sebagai pengembangan kawasan pemukiman penduduk yang ada di kecamatan delta pawan, muara pawan dan matan hilir utara.

2. Daerah Pemilihan Kabupaten II : Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang II ( Dua ) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah selain telekomunikasi, listrik, air bersih, pendidikan, kesehatan, ekonomi, ketahanan pangan dan dapat kami rincikan sebagai berikut:

a. Masyarakat berharap adanya perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan, yaitu jalan antar desa atau jalan penghubung ke kecamatan atau jalan penghubung ke akses jalan trans-kalimantan.

b. Banyaknya jembatan rusak, akibat usia dan curah hujan yang tinggi tahun lalu, sehingga mendesak juga untuk segera di tangani, hampir 90% kondisi jembatan harus di rehab dan dibangun baru, oleh karena itu kami berharap untuk dana pemeliharan jalan dan jembatan agar dapat di kucurkan di dapail kami, karena akses ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menganggut karet dan sawit. (jembatan kepari kec-sungai laur)

c. Peningkatan jalan usaha tani/perekbunan dan sarana prasana pertanian lainya yang dibutuhkan masyarakat dan kelompok tani.

d. Menyelesaikan bangunan yang mangkrak seperti jembatan sepotong, jembatan karab, rumah melayu di laur

e. Wilayah dapil II cukup terbentang luas ini merupakan potensi yang sangat luar biasa, jadi diharapakan agar pemerintah dapat memberikan bantuan dan perhatian dengan pembangunan sentra produksi pertanian bantuan bibit perkebunan terutama bibit kelapa sawit, bantuan pupuk, bantuan ternak, alat-alat pertanian serta untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam bidang pertanian perlu pendampingan (peningkatan peran ppl) kepada para petani ke desa-desa.

f. Meminta adanya peningkatan sarana dan prasarana bidang pendidikan, (rehab atau pembangunan rgs, karena adanya penambahan guru-2, terjadi abrasi/longsor di depan smp 03 sungai laur, desa sempurna, rehabilitasi sekolah masih ada yang rusak)

g. Setiap kecamatan harus telah tersedia pusat layanan kesehatan, terakreditasi, pelayanan sesuai sop, serta bangunan puskesmas yang sesuai standar nasional,simpang dua puskesmanya sudah bagus, simpang hulu informasi nya tahun ini, mudah-mudahan tahun depan puskesmas sungai laur juga dibangun.

h. Peningkatan kapasitas jaringan internet (tower sudah dibangun, tapi jaringanya kurang baik.

i. Masih terdapat desa-desa yang belum mendapatkan penerangan/jaringan listrik, (hampir 40% desa belum teraliri listrik PLN

3. Daerah Pemilihan Kabupaten III : Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang III (tiga) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:

a. Pembangunan infrastruktur

b. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan maupun alat transportasi

c. Hingga kini masih banyak desa-desa yang belum mendapatkan pasokan listrik, karena pln saat ini menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat

d. Pembangunan sarana air bersih, karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak

e. Pembangunan tempat-tempat ibadah

f. Pembangunan rumah layak huni

g. Pembangunan jembatan

h. Sektor pertanian perlu digalakan dengan perluasan cakupan daerah pertanian di desa-desa untuk ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera.sesuai dengan visi dan misi bupati ketapang pemerintah daerah khususnya instansi terkait, agar adanya keseimbangan lingkungan terutama pembukaan lahan secara besar- besaran oleh perusahaan perkebunan sawit.

4. Daerah Pemilihan Kabupaten IV : Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang IV ( empat yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:

a. Pembangunan infrastruktur diberbagai bidang masih harus ditingkatkan

b. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan transportasi pendukung, maupun tenaga medis di setiap daerah;

c. Hingga kini masih banyak desa-desa yang belum mendapatkan pasokan listrik, karena pln saat ini menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat secara khusus kecamatan jelai hulu;

d. Pembangunan sarana air bersih karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak;

e. Pembangunan tempat-tempat ibadah;

f. Pembangunan serta pemeliharaan jalan dan jembatan;

g. Sektor pertanian perlu digalakkan dengan perluasan cakupan daerah pertanian di desa-desa untuk ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera sesuai dengan visi dan misi bupati ketapang pemerintah daerah khususnya instansi terkait, agar adanya keseimbangan; lingkungan terutama pembukaan lahan secara besar-besaran oleh perusahaan perkebunan sawit;

h. Peningkatan perekonomian masyarakat disetiap sektor berdasarkan keterampilan bagi masyarakat yang memiliki sdm atau keterampilan sesuai dengan bidangnya, dengan mendorong pada kelompok-kelompok yang ada;

5. Daerah Pemilihan Kabupaten V : kegiatan reses yang telah dilaksanakan selama 6 hari kerja, telah berlangsung dengan baik, adapun usulan atau aspirasi masyarakat dapat dilaporkan sebagai berikut:

Di sektor infrastruktur: masyarakat kecamatan Singkup juga masih memgharapkan peningkatan ikk jalan dari kota kecamatan, menuju desa Sukamulya/SP1 karena jalan tsb akses pelayanan kesehatan masyarakat, kecamatan Singkup yang meliputi dari SP.7, SP8, SP9 kec. Kendawangan, yang setiap hari berobat ke puskesmas, desa Sukamulya/SP1 kec. Singkup. agar dapat dianggarkan, dalam rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ta. 2023/2024.

a. Lanjutan peningkatan IKK jalan Kec. Manismata

b. Peningkatan jalan antar Desa Kec. Manismata

c. Membangun kembali jembatan Sengkuang Merabung.

d. Memprioritaskan kelompok2 pertanian dan peternakan yang layak mendapat bantuan.

e. Lanjutan penyelesaian jembatan gantung lipat gunting desa Suak Burung Kec. Manismata.

f. peningkatan jalan desa Air Dekakah dan Desa Kalimantan Kec. Manismata

g. Peningkatan jalan Desa Mambuk Baru,

h. Sektor pendidikan, masih banyak rumah guru yang rusak di pendalaman, dan guru2 yang baru bertugas dan mendapat SK PPPK menumpang di rumah masyarakat, agar menjadi perhatian dinas terkait.

i. RGS Dusun Penyiuran Desa Riam Batu Gading Kecamatan Marau sudah rusak berat.

6. Daerah Pemilihan Kabupaten VI : Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang VI (enam) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:

a. Pembangunan infrastruktur

b. Hasil monitoring kegiatan reses mempertanyakan tentang pengatasan banjir dan karhutla maka dari itu masyarakat kec.mhs mengusulkan ada nya rehabilitasi kanal 3 yang sangat pital kanal 3 bisa mencegah terjadinya banjir dan kanal sekat bakar.

c. Pemerintah melalui dinas pu harus segera menyelesaikan perbaikan jalan tanjung pura desa pesaguan kanan harapan baru karena itu salah satu jalan utama.

d. Melihat kondisi permasalahan bidang pendidikan masih banyak ditemukan tidak layaknya fasilitas proses belajar mengajar karena buruknya kondisi sekolah yang bisa membhayakan anak murid seperti: – sdn 22 mhs sdn 15 msh.

e. Untuk menjaga musim elnino masyarakat Kec. MHS dan Benua Kayong yang notabene nya masyarakat petani maka melalui dinas pertanian lebih fokus untuk mengembangkan sektor pertanian yang berkolaborasi dengan dinas PU,bidang SDA sehingga kegiatan rehabilitasi parit bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat petani.

f. Banyak keluhan dari masyarakat masalah angkutan mobil yang beban nya sudah melampaui kapasitas sehingga mengakibatkan jalan rusak, jadi mlelalui dinas perhubungan harus mengambil langkah untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan atau pelaku jasa angkutan yang melanggar. contoh jalan negri baru-pelang.

g. Hasil beberapa pertemuan reses kami mendapatkan pesan kepada masyarakat pihak pemerintah melalui dinas PMD agar memberikan pelatihan atau diklat untk para kepala desa yang sebentar lagi mau dilantik agar penganggaran dana dd maupun add tidak disalahgunakan.

Berbagai masukan yang disampaikankan dalam laporan pelaksanaan reses tersebut hendaknya menjadi masukan untuk Pemerintah Daerah dan dapat merealisasikan apa yang menjadi usulan masyarakat Kabupaten Ketapang. Laporan hasil Reses di serahkan oleh wakil Ketua DPRD Ketapang H. Suprapto kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang yang diterima oleh Asisten I Sekda Drs. Heryandi,M.Si, **(ms.my.rz).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *