Tuhan Mengajarkan Manusia Agar Menjadi Manusia Literat

  • Whatsapp

Oleh: Mustajab Hadi

Ayat pertama QS Al‘Alaq, yaitu Iqra yang artinya bacalah. Bahwa QS Al‘Alaq adalah wahyu pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhamad SAW yang tujuannya agar umat Islam mau membaca dan belajar supaya menjadi manusia yang berilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi m.nusia lainnya.

Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa tingkat.Artinya manusia yang berilmu adalah manusia yang dimuliakan baik di hadapan Allah maupun dihadapan sesama manusia.

Hidup ini lebih bermakna bila orang lain bisa memperoleh manfaat atas keberadaan kita, dan ibadahmu lebih bernilai ketika sesama mahluk tuhan terbantukan oleh mu.Tuhan tidak butuh daging dan darah dari mahlukNya, yang diperlukan ketaatanNya.

Adapun ketaatan mahluk kepada tuhan sering tidak dibaca.Sedang ringkasan bacaan tentang ketaatan mahluk kepada tuhan dapat diketemukan ketika kita sedang Shalat. Tuhan mengajarkan kepada manusia agar menjadi manusia Literat.

Belajar lebih bernilai tinggi dibanding dengan ibadah lain, bahkan belajar merupakan kewajiban umat manusia. Karena pentingnya menjadi manusia Literat tuhan memerintahkan kepada manusia agar membiasakan membaca, menulis.

Dari kegiatan membaca menulis inilah lahir ilmu pengetahuan, dimana sesuatu yang semula tidak diketahui bisa diketahui. Agar ilmu pengetahuan bisa disebarkan diperlukan pendokumenan dalam bentuk tulisan,gambar maupun bentuk digital, dengan demikian mudah untuk disebarkan. Ayo terus membac & menulis!. Sudahkah hari ini kalian membaca atau menulis buku?. Salam LITERASI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *