Sketsa Literasi Indonesia “Buatkan 5 Candi Dalam Satu Waktu Purnama”

  • Whatsapp

Ojenews.com,-” Buatkan 5 candi dalam waktu satu purnama”. Bila bulan purnama tiba & candi sudah selesai, putri akan datang. Angkutlah cinta yg kuberikan kepadamu, wahai pemuda bangsawan Sriwijaya!” kata putri bangsawan lulusan perguruan tinggi Nalanda India itu.

Putra bangsawan Sriwijaya menyanggupi permintaan sang Putri. lalu berlayar mengarungi selat malaka menuju sungai Kampar, naik k-hulu hingga sampai titik muara sungai Kampar kiri dan kampar Kanan, dimana lokasi akan didirikan Candi Muara Takus.

Pemuda bangsawan dari Sriwijaya berseru kepada rakyat ” Di sini akan aku dirikan tempat beribadah,sekaligus sebagai Mahar calon Istriku. Sejarah akan mencatat, ditempat ini pernah menjadi pusat kebudayaan dan pusat ibadah para saudagar dari penjuru dunia. Jaga kedalaman & kebersihan sungai kalian! Lewat jalur sungai inilah , Raja, Tentara dan para saudagar hilir mudik berkunjung ke Stupa stupa yang aku dirikan” Raja Sriwijaya mengirim arsitek & pekerja. Jadilah Candi Muara Takus yg kini menjadi saksi bisu sejarah. Salam LITERI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *