Rindukan Pemimpin Yang Literat

Tidak ada komentar 291 views

Oleh:Mustajab Hadi

Pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mencapai maksut dan tujuan.Untuk menjadi pemimpin yang sukses dalam mengemban tugas, fungsi dan tanggung jawabnya maka seseorang pemimpin haruslah memiliki kompetensi kepemimpinan. Kompetensi kepemimpinan tersebut dapat ditingkatkan melalui literasi dan inovasi.

Keterampilan literasi yang baik akan membantu pemimpin dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis serta menggunakannya secara efektif untuk mengambil keputusan atau mencarikan solusi terbaik dalam pemecahan masalah-masalah yang dihadapi.

Penguatan kepemimpinan melalui literasi akan mampu melahirkan inovasi baru dari seorang pemimpin.
Pemimpin yang memiliki Literasi cukup akan melakukan tindakan sesuai aturan & kepatutan.Meski aturan membolehkan tetapi tidak patut dilakukan, maka pemimpin literat tidak akan melakukannya.

Kejujuran dan standar etika seorang pemimpin jauh lebih bernilai dibanding dengan standar aturan baku yang ditulis namun mudah disesuaikan dengan kemauan ambisi rezim penguasa. Kritis,kreatif, komunikatif dan kolaboratif dengan berbalut etika bernegara akan membawa suatu bangsa menuju kemakmuran.

Sebaliknya jika urusan pemimpin diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, apalagi bila pemimpin yang bersangkutan kemampuan literasi, kejujuran dan setandar etikanya rendah , kehancuran pasti akan terjadi.Pencitraan dan Pengkultusan seseorang hanya akan menjerumuskan suatu bangsa dalam kehancuran.

Setiap pemimpin hendaknya selalu berusaha mengembangkan diri agar mendukung perannya sebagai pemimpin dengan menambah pengetahuan yang akan memperluas wawasannya.Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemimpin untuk memperluas pengetahuan kepemimpinannya iala dengan meningkatkan kemampuan literasi.Kemampuan literasi yang baik seorang pemimpin akan mampu melahirkan inovasi yang akan membawa kemajuan.Kita rindukan pemimpin literat.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rindukan Pemimpin Yang Literat"