Perketat Pengawasan,Bawaslu Riau Turunkan 10.053 Pengawas

  • Whatsapp

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Upaya meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada serentak di 9 Kabupaten dan Kota se-Riau, Bawaslu Provinsi Riau menurunkan 10.053 orang pengawas. Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan,S.Ag.M.Pd.I dalam keterangan perss nya, didampingi Devisi Kerjasama antar lembaga Bawaslu Riau, Niel Antariksa, A Md, SH.MH dan Amiruddin Sijaya,S.Pd selaku devisi Hukum dan Datinl Bawaslu Riau, pada acara laporan hasil pengawasan Bawaslu Riau pada Pilkada di Riau, yang berlangsung di Aula Bawaslu Riau, Jl. Adisucipto Nomor 284 Pekanbaru, yang dihadiri puluhan awak media, Selasa (8/12/2020) pagi.

” 10.05 orang pengawas itu terdiri dari Komisioner Bawaslu Riau, anggota Kabupaten Kota, Kecamatan, Kelurahan Desa dan juga TPS,”sebut Ketua Rusidi Rusdan.

Dalam menjalankan fungsinya Bawaslu Riau selama masa kampanye telah melakukan penertipan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Bupati wakil Bupati, Walikota dan wakil Walikota di 9 Kabupaten dan Kota.

“Penertipan 9.519 APK Paslon pada hari tenang pertama tanggal 6 Desember 2020 yang dilakukan serentak di 9 kabupaten dan kota oleh Bawaslu Provinsi Riau dibantu oleh Bawaslu Kabupaten/kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa/Kelurahan dan Pengawas TPS yang bekerjasama dengan Satpol PP,” terangnya.

APK tersebut berupa Baliho, Bilboard atau Videotron, Umbul-umbul dan Spanduk,” tambahnya lagi.

Penertipan APK di 9 Kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak, Kabupaten Rokan Hilir merupakan terbanyak ditertipkan mencapai 4.006 APK dengan rincian, Paslon 01 Cutra Andika – M Rafiq 897, Paslon 02 Suyatno-Jamiludin 895, Paslon 03 Asri Auzar – Fuad Ahmad 946 dan Paslon 04 Afrizal Sintong – H Sulaiman 1.268. Urutan ke dua Paslon dari Kabupaten Indragiri Hulu 1.234 dengan rincian Paslon 01 Nurhadi -Toni Sutianto 121, Paslon 02 Rezita Meylani – Junaidi Rachmat 366, Paslon 03 Siti Aisyah – Agus Rianto 324, Paslon 04 Wahyu Adi – Supriati 275 dan Paslon 05 Rizal Zamzami – Yoghi Susilo 148 APK. Sedangkan APK Paslon yang paling sedikit dilakukan Penertipan adalah Paslon dari Kabupaten kuantan Singingi sebanyak 257 APK dengan Rincian Paslon 01 Andi Putra – Suhardiman 109, Paslon 02 H.Mursini- Indra Putra 59 dan Paslon 03 H. Halim – Komperensi 89 APK.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Riau yang mempunyai hak pilih dan terdaftar di DPT untuk dapat menggunakan hak konstitusionalnya untuk memilih pemimpin daerah sesuai dengan hati nurani. Selanjutnya dihimbaukan juga agar masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya ke TPS agar menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.(dy).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *