Pembangunan Tugu Adipura Samarkan Sejarah PON XVIII Riau Tahun 2012 di Kota Dumai

( Penulis:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau )

Membaca berita dari Media Online lokal yang terbit pada 24 Agustus 2023 tentang pembangunan Tugu Adipura sebagai peringatan keberhasilan Kota Dumai Meraih penghargaan Adipura tingkat Kota dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tahun 2023.

Penghargaan Adipura tersebut merupakan torehan prestasi yang luar biasa, karena Adipura itu juga baru pertama kali diraih oleh Pemko Dumai.

Maka untuk mengenang keberhasilan itu Pemko Dumai membangun tugu Adipura dengan membongkar Tugu Burung Serindit yang merupakan maskot PON XVIII Riau Tahun 2012. Dimana Kota Dumai ditunjuk menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Cabang Olahraga Gantole,Tenis Meja, selam kolam dan laut.

Sementara bila dilihat dari sisi makna dan tujuan pembangunan tugu sebagai catatan sejarah rasanya pembangunan Tugu Adipura ditempat telah berdirinya Tugu Burung Serindit sebagai maskot PON XVIII Riau Tahun 2012 yang menandakan bahwa Kota Dumai pernah ditunjuk menjadi tuan rumah untuk beberapa cabang olahraga dan ini juga sejarah yang perlu diingat pula oleh masyarakat dan generasi Kota Dumai. Sebab entah kapan lagi Provinsi Riau bisa menjadi Tuan Rumah Pekan olahraga Nasional. Sementara penilaian adipura dilakukan setiap tahunnya.

Dengan membongkar tugu burung Serindit dan menggantikan dengan tugu Adipura maka seiring dengan itu sejarah Kota Dumai pernah terlibat langsung menjadi tuan rumah PON XVIII Riau Tahun 2012 untuk cabang olahraga Gantole,Tenis Meja, selam kolam dan laut akan hilang seiring berjalannya waktu.

Untuk menghindari hilangnya sejarah Kota Dumai pernah terlibat langsung dalam penyelenggaraan PON XVIII Riau Tahun 2012, maka Pemko Dumai sebaiknyan membangun kembali tugu Burung Serindit di lokasi yang strategis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *