Memaknai Kata Marasai

Ada rasa penasaran disaat berjumpa kawan lama yang telah beberapa tahun tak jumpa, temaan tersebut berasal dari Sumatera Barat, disaat awal perjumpaan sudah hal biasa yang ditanyakan, mulai dari keadaan kesehatan dan keluarga, kawan tersebut mengatakan Alhamdulillah kami sekeluarga sehat.

Sementara pada saat bertanya tentang aktivitas dalam memenuhi kebutuhan keluarga, mulailah teman tersebut mengatakan dah banyak pekerjaan yang dilakoni, mulai berdagang, kerja ikut orang sampai pergi merantau, namun keadaan beginilah, Marasai bana kiniko, entah usaha apalagi yang dilakukan, namun raut muka teman tersebut masih memancarkan wajah tetap semangat dan optimis nantinya akan berhasil.

Teman tersebut kiranya pada saat memberi respon atas pertanyaan tadi dia menjawab mengunakan bahasa daerah, setelah dilihat di Wikipedia kata Marasai artinya, Mengalami Kesusahan. Mungkin maksud kawan tadi dalam kehidupan belum memperoleh rasa senang, walaupun telah banyak pekerjaan yang dilakukan atau dapat dikatakan,masih belum menikmati kesuksesan dalam bekerja.

Memang dalam pergaulan sehari-hari pengunaan bahasa daerah suatu hal yang biasa, dan bila ada kata yang baru di dengar selalu ditanyakan sama kawan ataupun dengan melihat kamus bahasa daerah yang saat ini mudah dilihat melalui situsnya.

Kata Marasai dapat juga dimaknai dengan kesengsaraan ataupun penderitaan yang dialami seseorang, dimana berbagai usaha dan pekerjaan yang dilakukan namun hasil yang didapatkan malahan kadang-kadang kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kalau boleh dikatakan masih jauh dari cukup, yang pada akhirnya melakukan peminjaman atau berutang kepada pihak lain, begitulah perjalanan hidup yang dilakoni masih dalam makna kata Marasai.

Ada pula sebutan kata Marasai sewaktu anak-anak dulu pada saat berkelahi sesama teman bermain dan merasa menang kelahi waktu itu dia mengatakan Marasai lawan tadi dibuatnya.

Semoga dalam menjalani hehidupan saat ini, kita terhindari dengan kata marasai

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *