Diskominfotik Riau Ingatkan Masyarakat Waspadai Berita Hoaxs

  • Whatsapp
dok-media center riau.go.id

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfotik Riau, mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita soal Covid-19 yang diragukan kebenarannya.Sebab saat ini banyak sekali berita bohong atau hoaxs yang tersebar di media sosial.

Berita hoaks ini pun semakin membuat masyarakat tidak percaya dengan adanya Covid-19. Termasuk juga soal vaksinasi.

“Masyarakat kami minta agar jangan mudah percaya dengan berita atau link berita yang dishare ke masyarakat, ini harus dicek dulu, apakah berita ini benar, atau hoaks,” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfotik Riau, Raja Hendra Saputra, Selasa (13/7/2021) seperti berita dilansir oleh media center riau.go.id.

Pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak menjadi penyebar hoaxs. Sebab berita-berita hoaxs tersebut hanya membuat masyarakat resah saja.

“Kita terus mensosialisasikan kepada masyarakat jangan mudah percaya hoaks, kita menggunakan beberapa platform kita dengan mencantumkan link berita hoaxs supaya diketahui masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan rilis data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi RI sejak Pandemi Covid-19 berlangsung di tanah air tercatat sudah ada sebanyak 3.777 laporan hoaxs soal Covid-19.

Isu hoaks soal Covid-19 ini disebarkan melalui beberapa platform media sosial. Diantaranya facebook sebanyak 3.155 laporan, instagram 26 laporan, twiter 547 laporan dan youtube 49 laporan.

Sedangkan untuk konten hoaxs soal vaksin Covid-19 jumlahnya sebanyak 1.810 laporan yang disebarkan melalui platform facebook sebanyak 1.647 laporan, instagram 11 laporan, twiter 96 Laporan, youtube 41 laporan dan tiktok 15 laporan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *