Terkait Pemberitaan Jual Beli Lahan HPT di Medsos, Kades Pangkalan Indarung Ilut Segera Panggil Yang Bersangkutan

Ojenews.com Kuansing Riau,-Setelah naiknya pemberitaan mantan ketua pemuda desa pangkalan indarung kecamatan singingi kabupaten kuantan singingi yang menjual lahan HPT di forum jual beli online facebook. oleh media ini kemaren pagi selasa(21/09).

Jurnalis media ini berkesempatan bertemu Ilut Kepala desa pangkalan indarung pada sore harinya.

Menurut Ilut, dirinya tidak mengetahui adanya postingan dari mantan ketua pemuda desanya yang menjual lahan negara pada forum jual beli online facebook, yang memang sudah dihapus oleh yang bersangkutan.

“Kami tidak mengetahui adanya postingan tersebut, namun kami akan memanggil yang bersangkutan dan akan menggali kebenaran berita kemaren”Ujar Ilut.

Ilut mengatakan, pada tahun 2013 seluruh perangkat adat di desanya telah duduk berunding dan bersepakat membuat sebuah aturan.

“Jauh sebelum UU Cipta Kerja disahkan, seluruh ninik mamak dan perangkat adat di desa pangkalan indarung telah membuat aturan bahwa satu KK hanya boleh membuka lahan maksimal empat hektar”Kata Ilut.

“Dan lahan yang empat hektar ini tidak boleh diperjual belikan”Lanjutnya.

Dijelaskan Ilut, aturan ini sengaja dibuat agar ada lahan masing-masing warganya untuk berkebun dan tidak diduduki perusahaan ataupun aseng.

“Dinda-dinda sekalian lihat desa-desa disekitaran hutan lindung lain warganya malah tidak ada lahan berkebun malah perusahaan yang menguasi, karna lambat laun perushaan akan mengambil lahan didesa kami”Jelasnya Pesimis.

Terkait postingan jual beli lahan yang dilakukan oleh mantan ketua pemuda desanya, Ilut menjawab akan memproses berita tersebut dan akan turun kelokasi lahan yang akan di perjual belikan.

“Secepatnya Dubalang tiap suku akan mencari lahan yang dimaksudkan, jikalau memang yang bersangkutan membuka lahan melebihi aturan perangkat adat kami akan sita kelebihan tersebut”Jawabnya.

“Dan kami tidak akan menghalangi ataupun melindungi yang bersangkutan jikalau pihak berwenang akan menindak lanjuti permasalahan ini”Tutupnya.

Sementara itu, Abriman Kepala KPH Kuansing ketika kami konfirmasi via pesan whatsapp mengatakan secepatnya akan menindak lanjuti permasalahan ini.
“Terima kasih laporannya dinda, secepatnya akan kami panggil yang bersangkutan dan akan kami proses”Ujarnya singkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *