Tahun 2022 Mendatang Perkuat Fungsi Kelembagaan Adat dan Pemangku Adat Dalam Upaya Harmonisasi Kehidupan Masyarakat

  • Whatsapp

Ojenews.com Kuansing Riau,-Plt Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Suhardiman Amby hadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dengan agenda Jawaban Pemerintah Atas pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kuantan Singingi terhadap rancangan peraturan Daerah tentang Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuantan Singingi,Senin (8 /11 2021) di ruang Rapat Paripurna DPRD Kuansing.

Dari pandangan umum yang telah disampaikan pada Kamis (4/11 2021) yang lalu dan telah disampaikan dan dapat dilihat pokok persoalan yang menjadi perhatian fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Singingi.

Plt Bupati dalam kesempatan pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, atas pandangan masukan dan saran terhadap rancangan peraturan Daerah tentang rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2021-2026 dan juga masukan yang sangat berharga untuk Pembangunan Jangka menengah kuantan Singingi 5 tahun mendatang. Ujar Suhardiman Amby Datuk Panglimo Dalam.

Selanjutnya suhardiman Amby juga menyampaikan pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dari salah satu yaitu fraksi partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengucapkan rasa terima kasihnya atas saran pendapat Fraksi Partai Nasdem Yaang disampaikan oleh juru bicaranya Muslim S.SOs, MSi pada waktu yang lalu dan mendapatkan berbagai penjelasan yaitu agar dapat memperhatikan Data kelembagaan Adat Dari semua wilayah kabupaten Kuantan Singingi termasuk pemberian Intensif terhadap pemangku adat sudah kita hilangkan dalam dokumen RPJMD dan diganti dengan memperkuat Fungsi kelembagaan adat dan pemangku adat dalam upaya Harmonisasi kehidupan Masyarakat berupa pemberdayaan Lembaga adat dan pemangku adat.

Pada tahun 2022 nantinya kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Fasilitas kelembagaan, pengukuhan Lembaga adat,sosialisasi dan pemantapan Regulasi serta pembinaan terhadap pemangku adat,
Pada dokumen RPJMD ini kita hanya memilih program pengembangan kebudayaan, selanjutnya nanti kita pilih kegiatan tahunan kita pilih kegiatan sub kegiatan dan rincian belanja yang lebih tepat sesuai dengan regulasi yang akan kita susun jelas Suhadiman Amby.

Untuk selanjutnya kegiatan juga akan dilaksanakan tahap pengukuhan terhadap lembaga adat setiap desa,dan kelurahan sesuai dengan peraturan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi No 10 tahun 2022 tentang pemberdayaan, Pelestarian pengembangan Adat istiadat dan lembaga di daerah kabupaten Kuantan Singingi tegasnya.

Selanjutnya mengenai pengadaan alat berat dalam upaya meningkatkan fungsional jalan di seluruh singingi, wilayah dapat kabupaten. kami jelaskan kuantan bahwa panjang jalan kabupaten kuantan singingi lebih kurang 2.000 km yang sudah diaspal sampai dengan tahun 2020 sepanjang 500 km, artinya kemampuan keuangan daerah kita untuk melakukan pengaspalan jalan setiap tahunnya sangatlah terbatas.

Agar jalan di wilayah kabupaten kuantan singingi, khususnya sebagai penopang perekonomian kita pastikan masyarakat seluruhnya berfungsi dengan baik. dalam upaya mendukung perekonomian masyarakat, alat berat ini sangat kita butuhkan untuk membuka lahan perkebunan masyarakat dan juga akan memberikan sumber pendapatan daerah (PAD) kabupaten kuantan singingi.

“Asli kami sependapat dengan saran saudara bahwa pengadaan alat berat ini tidak mesti untuk setiap kecamatan, tapi kita prioritaskan kepada kecamatan yang sangat membutuhkan. kemudian kami dapat memahami masukan dari fraksi pembangunan partai bahwa operasional dan kecamatan persatuan pemeliharaan alat berat perlu menjadi pertimbangan kita semua,”tutur Suhardiman Amby.

Sedangkan permasalahan pengelolaan Barang milik daerah berupa kendaraan Dinas Jabatan Operasional Pemerintah kabupaten Kuantan Singingi kedepan akan dilakukan penataan dan pengendalian pengunaan dan pemeliharaan kendaraan Dinas agar lebih Akuntabel,”tutup Datuk Panglimo dalam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *