Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) kabupaten Kuantan Singingi Berikan pelatihan tata kelola BUMDes

  • Whatsapp

Ojenews.com Kuansing Riau,-Badan Kerjasama Antar Desa {BKAD) kecamatan Kuantan tengah Kabupaten Kuantan Singingi dalam kegiatan Pelatihan Tata Kelola BUMDes dalam rangka meningkatkan Kapasitas Pemerintah Desa, dibuka langsung oleh Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto Senin (8/11 2021) di Balai Diklat Taluk kuantan.

Adapun peserta dalam kegiatan Pelatihan Tata Kelola BUMDesa dalam Rangka meningkatan kapasitas pemerintahan Desa, BPD, dan pengurus BUMDes dalam tata kelola BUmDes sumber dana bantuan Keuangan Khusus Provinsi Riau tahun Anggaran 2021 terdiri dari Kepala Desa Se kuantan Tengah, BPD, Direktur BUMDes,Pengawas BUMdes.

Dalam pidato dan arahan camat Kuantan Tengah, Agus Iswanto menyampaikan. ” Dari 20 bumdes yang ada di Kuantan Tengah diharapkan pemerintah Desa. Seperti Kades, BPD sesuai dengan tata kelola itu betul – betul mengoptimalkan peranan masing – masing untuk pengembangan Bumdes di desa masing – masing. Sehingga walaupun sebelumnya terkesan dipaksakan dari Bumdes kita harus belajar dari sekarang. Setelah dilakukan pelatihan tata kelola. Tidak ada lagi desa memberikan alasan tidak mampu mengelola bumdes,”Ujar Agus Iswanto.

Sementara Ketua BKAD Bamba Rianto Melalui ketua panita kegiatan Pelatihan Tata Kelola BUMDes BUMDes juga menambahkan dalam kegiatan ini bermaksud Supaya bisa semacam mencari inspirasi dan inisiasi. Sehingga memang terakomodirnya ekonomi masyarakat dan menimbulkan PAD antar desa. Mungkin selama ini berbagai macam argumen dari yang punya kepentingan di desa itu masih belum memahami. Jadi dengan adanya pelatihan ini tidak ada lagi alasan. Sehingga permasalahan – permasalahan di Bumdes, baik itu yang ke belakang memang bisa diselesaikan dan menghindari permasalahan yang baru untuk ke depannya,”harap Herlianto.

kegiatan ini kita laksanakan dan kita Hadirkan sebanyak 80 orang peserta terdiri dari kades, Direktur BUMDes pengawas Bundes, acara di laksaksanakan dua hai sampai besok, dan di akhir acara nantinya kita akselerasi Ke Kabupaten kampar yaitu meninjau BUMDes Kepala Patin desa Koto Mesjid kecamatan tiga koto Kampar,

Nafisman Kepala dinas Sosial dan PMD dalam arahannya di depan peserta Pelatihan mengatakan adapun tujuan dan sasaran dinas meningkatkan Kapasitas PSKS, peningkatan keberdayaan penduduk miskin dan rentan miskin, meningkatan kualitas layanan sosial PPKS kewewenangan Kabupaten, meningkatkan kinerja pemerintahan desa, peningkatan partisipasi masyarakat,”ujar Nafisman.

Lebih lanjut Nafisman menambahkan defenisi BUMdesa dalam Undang-undang Cipta kerja antara lain Badan hukum dan kepastian hukum yang pasti, didirikan oleh desa atau bersama desa-desa, guna pengelolaan usaha adapun dalam pengguna mengelola usaha di titik beratkan kepada
-memanfaatkan aset
-mengembangkan investasi dan produktivitas
– menyediakan jasa pelayanan
-menyediakan jenis usaha lainnya, dan tidak kalah pentingnya Untuk sebesar – besarnya mensejahterakan masyarakat desa,”pungkas Nafisman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *