SUTRADARA || AKTOR

Oleh:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Keseruan dan ketegangan pada saat menonton film action, kesedihan pada menonton sinetron yang malahan kadang berseri membuat penonton sedih yang diiringi dengan rasa penasaran bagaimana akhir ceritanya,begitu juga dengan menonton film yang penuh kelucuan yang tanpa kita sadari akan tersenyum dan tertawa melihat tingkah laku dari pelakonnya atau para aktor yang memainkan peran tersebut.

sementara pengatur dan pengarah dari jalan cerita banyak pihak yang terlibat dalam menghasilkan tontonan tersebut, misalnya ada penulis Naskah, ada Sutradara dan ada produser agar menghasilkan film yang menjadi tontonan, yang jelas keberhasilan tersebut sudah barang tentu disebabkan adanya Team Work yang solid dan menyadari peran,fungsi dan tanggung jawab masing-masing yang diiringi dengan adanya koordinasi da singkronisasi dalam bekerja.

Biasanya popularitas dan menjadi publik figur ditengah masyarakat lebih melekat pada diri Aktor sebagai pelakonnya, sementara banyak pihak yang terlihat dibelakang layar kadang kala terlupakan, sehingga ada yang mengindolakan aktor tersebut.

Kalaulah kita lihat pengertian aktor itu sendiri menurut Saroengallo (2008) ” Aktor adalah orang yang memerankan seseorang tokoh dalam sebuah film.

Aktor dapat dipilih oleh seorang sutradara yang sudah mempunyai gambaran akan aktor yang akan memerankan tokoh dalam naskah yang sudah dibaca sutradara sehingga hal itu dilakukan sutradara pada saat Casting” dalam konsep tersebut terlihat bahwa sutradara yang akan menyeleksi aktor yang akan memerankan suatu naskah cerita yang nantinya akan diperankan seorang aktor.

Dengan demikian jelas kedudukan sutradara sangat menentukan pemilihan Aktor yang akan dipakai.

Kemampuan dan keahlian serta pengalaman sutradara nantinya juga akan menentukan kesuksesan seorang aktor, memang populeritas cenderung didapatkan aktor, akan tetapi sutradara menjadi tokoh yang menentukan dari awal proses kesuksesan sebuah film yang akab ditayangkan dengan ukuran banyak sedikitnya masyarakat menonton film tersebut.

Untuk itu jelas keberhasilan melakukan pekerjaan diperlukan adanya Team Work yang kompak dan solid sebab keberhasilan yang diraih semua pihak memiliki andil dan peran untuk meraih kesuksesan, saling menghargai satu sama lain sangat diperlukan dalam bekerja…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *