PMBC Gelar Gowes Bareng Bersama Komunitas Olahraga Sepeda Se-Riau

Ojenews.com Perawang Riau,-Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang memang kini telah mengalami pergeseran menjadi sebuah alat olahraga. Alat transportasi yang satu ini, kini banyak digunakan oleh berbagai kalangan di Indonesia untuk melakukan tracking ataupun touring dengan tujuan utama adalah melakukan kegiatan olahraga.

Pada umumnya kegiatan tracking ataupun touring dengan menggunakan sepeda bersama dengan rombongan.Rombongan inilah yang oleh banyak orang biasa disebut dengan komunitas sepeda. Komunitas yang menggabungkan para pecinta olahraga sepeda pada suatu daerah ini tidak hanya memfasilitasi para anggotanya untuk dapat melakukan kegiatan olahraga secara bersama-sama, namun juga memfasilitasi berbagai kegiatan lainnya dengan satu misi serta tujuan yang sama.

Seperti yang baru saja dilakukan oleh sebuah komunitas bersepeda di Perawang Riau yaitu Perawang Mountain Bike Club (PMBC),komunitas sepeda yang diketuai saudara Junius ini pada Minggu 5 Desember lalau menggelar kegiatan berupa Gowes Bareng (Gobar) bersama para komunitas sepeda se-Riau.Gowes Bareng (Gobar) ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda dari berbagai daerah seperti dari Kota Pekanbaru, Kota Duri, Kota Pelalawan, Lubuk Dalam dan Tanah Putih.

Para peserta Gobar ini tidak hanya diikuti oleh kaum adam (lelaki-red) namun juga diikuti oleh sejumlah kaum Hawa (perempuan-red) dan para peserta sudah hadir di Perawang satu hari sebelum pelaksanaan kegiatan.Keterangan ini disampaikan Bung Latu salah seorang peserta Gobar yang juga anggota PMBC yang didampingi saudara Hendra peserta Gobar dari komunitas sepeda Pekanbaru kepada www.Ojenews.com.

Dialam keterangannya Bung Latu menyebutkan, PMBC sejak berdiri sudah banyak menggelar dan mengikuti berbagai kegiatan dan kegiatan tersebut tidak hanya terfokus kepada even yang digelar PMBC sendiri namun berbagai even yang digelar oleh komunitas diluar Provinsi Riau juga selalu diikuti.

“Komunitas kita ini PMBC diketuai oleh saudara Junius dan kita selalu aktif dalam berbagai even baik yang kita buat sendiri maupun even yang digelar komunitas lain diluar Riau misalnya Sumbar,”sebut Bung Latu.

Dikatakan Bung Latu setiap even punya kesan dan makna sendiri, misalnya even yang digelar pada 5 Desember lalu,dengan peserta yang hadir dari berbagai daerah tersebut dapat menambah pertemanan sesama penghobi olahraga sepeda dan selain itu momen tersebut juga sebagai sarana menyatu dengan alam dan lingkungan sekitar,”ujarnya.

Sebagai mana diketahui tak jarang perkumpulan para penggemar olahraga sepeda ini melakukan berbagai kegiatan lain secara bersama-sama, seperti sosialisasi olahraga sepeda dan kegiatan bakti sosial bersama dengan anggota lainnya.

Nah berikut ini 11 manfaat bersepeda sebagaimana dilansir dari https://kesehatan.Kontan.co.id

1. Menurunkan berat badan Manfaat bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mendorong terbentuknya berat badan yang sehat. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan metabolisme dan membangun otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

2. Kekuatan kaki Manfaat bersepeda yakni meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa terlalu menekannya. Gerakan pada olahraga sepeda menargetkan kekuatan paha depan, glutes, paha belakang, dan betis Anda.

3. Membuat badan lebih bugar Jika Anda baru mengenal kebugaran atau baru pulih dari cedera atau sakit, Anda dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Saat badan sudah menjadi lebih bugar, Anda dapat meningkatkan intensitas bersepeda.

4. Latihan otot inti Manfaat bersepeda juga dapat melatih otot inti Anda, termasuk punggung dan perut. Selain itu, bersepeda juga membantu mempertahankan tubuh Anda menjadi tegak. Otot perut dan punggung yang kuat dapat menopang tulang belakang Anda, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

5. Meningkatkan kesehatan mental Manfaat olahraga sepeda juga dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Bersepeda juga dapat melatih fokus dan membantu mengembangkan konsentrasi serta kesadaran. Jika Anda merasa letih atau lesu, naikkan intensitas sepeda Anda setidaknya selama 10 menit. Sebab, manfaat bersepeda bisa melepaskan endorfin, yang dapat membantu menurunkan tingkat stres.

6. Dapat membantu penderita kanker Bersepeda adalah salah satu cara memulihkan diri dari kanker. Bersepeda juga dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar, yang dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara. Menurut penelitian dari 2019, tetap aktif bergerak seperti bersepeda dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

7. Awal yang positif untuk pagi Anda Mulailah hari Anda dengan aktivitas sehat seperti bersepeda. Bersepeda di pagi hari dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja imun, dan meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang yang berolahraga sebelum sarapan selama 6 minggu meningkatkan respons mereka terhadap insulin, yang membantu mereka membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah sarapan.

8. Mencegah sakit Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan masalah kesehatan yang menyertainya. Sehingga, manfaat bersepeda dapat membantu mencegah serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

 

9. Ramah lingkungan Bersepeda adalah pilihan transportasi yang tidak menyumbang emisi karbon. Bersepeda bisa dilakukan ketika Anda pergi ke tempat-tempat yang agak terlalu jauh untuk berjalan, tetapi Anda tetap tidak ingin naik kendaraan bermotor.

10. Meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi Selanjutnya, manfaat bersepeda juga dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur tubuh. Keseimbangan tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi sangat penting untuk menjaganya.

11. Kesehatan sendi Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang yang memiliki masalah persendian terutama di tubuh bagian bawah. Manfaat bersepeda ringan adalah dapat meredakan nyeri sendi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *