PKD Pilkada se-Kecamatan Koto Kampar Hulu Resmi Dilantik, Ini Pesan Panwascam

Ojenews.com Koto Kampar Hulu -, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kecamatan Koto Kampar Hulu Kampar resmi dilantik. Sebanyak 6 pengawas di tingkat desa ini akan bertugas pada pemilihan serentak 2024.

PKD yang terpilih melalui seleksi terbuka ini dilantik di kecamatan masing-masing se kabupaten Kampar. Mereka dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di masing-masing kecamatan.

Ketua Panwascam Koto Kampar Hulu Doni Saputra SE mengucapkan selamat atas pelantikan PKD ini. Doni mengingatkan agar PKD segera turun ke wilayah masing-masing untuk berkoordinasi dengan stakeholder di desa.

“Tugas pertama PKD, setelah dilantik, mulai lah turun, jalin komunikasi yang baik dengan kades, PPS, Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT RW, LPM,” kata Doni usai melakukan pelantikan PKD se-Kecamatan Koto Kampar Hulu, Ahad (02/06/2024).

Selain menjalin komunikasi yang baik, Doni juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan netralitas penyelanggara. “PPS, kades, RT dan RW, Babinsa serta Bhabinkamtibmas adalah mitra kita,” kata Doni.

Lanjut Doni, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), PKD harus tetap berkoordinasi dengan Panwascam. “Koordinasi berjenjang, PKD ke Panwascam, jangan langsung ke tingkat kabupaten. Malau pun kenal dengan pimpinan kabupaten, tetap di atas PKD ada Panwascam,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan, sebagai pengawas pemilihan banyak tantangan yang akan dihadapi, salah satunya adalah memastikan tidak terjadinya praktik politik uang di seluruh desa.

“PKD mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil. PKD harus menjunjung integritas. Karena integritas mengandung nilai-nilai kejujuran, etika, dan moral. Sehingga dalam menjalankan tugas, wewenang, dan kewajibannya diharapkan dapat bersikap jujur, mandiri, dan profesional serta beretika dan bermoral,” tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *