Motor Kancie Hasil Daur Ulang Barang Bekas Karya Putra Pasir Pandak Luhak Kepenuhan Yang Akan Jadi Multi Fungsi

  • Whatsapp

Ojenews.com Rohul Riau,-Hapiansyah namanya seorang anak jati diri Pasir Pandak Luhak Kepenuhan yang telah berhasil mendaur ulang barang bekas menjadi sebuah karya berupa sepeda motor roda tiga yang diberi nama motor Kancie (kancil).

Pria kreatif yang akrab disapa long Alek ini akan menuntaskan pengerjaan motor Kancie itu dalam satu minggu kedepan dan selanjutnya akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengembangkan motor Kancie ciptaannya menjadi sarana transportasi pengangkutan buah sawit.

Wacana menjalin kerjasama dan menyatukan pemikiran bersama tersebut di ungkapkan Kepala Desa Kepenuhan Timur Azhar AS saat melakukan peninjauan kebengkel Alek dimana motor Kancie itu di pabrikasi, Senin, (18/01/2021).

“Kita mencoba menggabungkan pemikiran dengan Hapiansyah, karna di daerah kita ini penghasilan warga masyarakatnya dari perkebunan sawit, maka kedepan kita Pemerintah Desa akan melakukan kerja sama untuk membuat rakitan motor kreatif untuk pelansir sawit yang mana mesin yang dipakai sejenis mesin Robin yang sebelumnya banyak digunakan untuk mesin perahu sampan. Semoga hasil kerja sama kedepn nantinya bisa sukses dan mengenalkan karya anak Desa Kepenuhan Timur ini dikancah Nasiaonal bahkan Internasional,”sebut Kades Azhar.

Motor Kancie kami berinama sementara.Teruslah berkarya dan bersemangat Long Alek,”sambungnya.

Sementara itu Ismail Dt Podano Montoi, mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya atas hasil karya dan pemikiran anak jati Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur, anak kemenakan kita Alek
ini, apalagi hal ini juga mendapat duukungan dan didampingi langsung oleh Kades Azhar AS atau dalam bahasa Adatnya Mamak Pemangku Adat Desa Kepenuhan Timur Luhak Kepenuhan dan Pemdes Kepenuhan Timur.

“Ini perlu kita berikan perhatian yang serius terhadap karya dan pemikiran yaag Inovatif apalagi oleh dinas terkait Pemda Kabupaten Rokan Hulu. Karena kami lihat tujuannya amat mulia dan produktif yaitu sebagai alat bantu dalam hasil produksi perkebunan dan pertanian, dan kedepannya bisa pula menjadi kendraan yang multi fungsi, maka dukungan semua pihak akan hasil karya dan pemikiran Motor Kancie ini akan menjadi kenyataan kegunaan dan fungsinya dan terlebih lagi hak paten produksi dari Motor Kancie ini,”Ungkap sang Datuk dengan semangat, Inok Awak Siapole.

Bahan dan alat dari ronsokan/barang barang bekas diantaranya:Pipa bulat bekas
,Besi angker 12 bekas,Seng drump bekas,shock breker depan bekakas,Batangan speda bekas,Ban Angkong roda belakang bekas
,Ban dan lingkar depan bekas
,Mesin Robin bekas
,Tali poli baru
,Tali gas baru
,Spiral per belakang bekas
,As roda bekas,Tempat duduk rakitan sendiri, Roda poli kompresor baru dan Klahar baru.(oje/rls).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *