Diresmikan Wagubri, Bupati Sukiman Harapkan Gedung LKA Menaming sebagai Wadah Pelestarian dan Aktualisasi Adat dan Budaya

  • Whatsapp

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,- Pembangunan Gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Desa Menaming, Kecamatan Rambah, Kab. Rokan Hulu (Rohul) reprentatif yang bersumber dari CSR Bank Riau Kepri (BRK) dan berkat support Pemprov dan Pemkab Rohul.

Pada Kamis (8/4/2021) Gedung LKA Menaming ini diresmikan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H. Edy Afrizal Natar Nasution melalui Video Conference (Vicon) yang disaksikan Bupati Rohul H. Sukiman dan Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra

Serta turut juga dihadiri Kadisparbud Rohul H. Syofwan S.Sos, Camat Rambah Arie Gunadi SSTP, Pjs Kepala Desa Menaming Elfitren S.Kom M.Ip, Raja Luhak Rambah, para ninik mamak, datuk adat dan masyarakat Menaming.

Melalui Vicon tersebut, Wagubri Edy Natar menjelaskan pembangunan gedung LKA Desa Menaming ini berdasarkan usulan dari tokoh adat dan tokoh masyarakat yang memiliki keinginan kuat untuk memiliki sebuah gedung adat yang pada akhirnya bisa dibantu melalui Program CSR Bank Riau Kepri.

Tambah Wagubri, melalui gedung LKA ini adanya harapan besar dari para tokoh adat dan masyarakat Desa Menaming untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya masyarakat serta sebagai wadah pemberdayaan adat istiadat di desanya.

“Ini merupakan tugas berat kita kedepannya agar nilai-nilai budaya dan juga adat istiadat dapat terus kita wariskan kepada generasi penerus,” sebutnya.

Ia juga berharap dengan adanya gedung LKA ini sangat penting untuk meminimalisir budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa karena dapat mengancam eksistensi kebudayaan lokal.

“Adanya LKA Desa Menaming ini sangat sejalan dengan tunjuk ajar melayu, tak dapat disangkal lagi bahwa lembaga kerapatan adat berperan besar dalam kehidupan masyarakat kita,” tuturnya.

“Dengan telah diresmikannya LKA Desa Menamnning ini kita berharap dapat meningkatkan eksistensi dan terjaganya adat istiadat masyarakat Riau dan Desa Menaming Kabupaten Rohul khususnya,” harapnya

Hal yang senada juga disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman, Pemkab Rohul sangat mendukung Pembangunan Gedung LKA yang representatif ini. Karena dengan adanya Gedung LKA ini untuk melestarikan dan mengaktualisasikan nilai adat budaya daerah di Negeri Seribu Suluk.

“Pemkab Rohul mensupport Gedung LKA ini, kita juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Wakil Gubernur dan BRK yang ikut berkontribusi penting dalam membangun Gedunng LKA Desa Menaming ini,” kata Sukiman

Bupati Rohul H. Sukiman yang bergelar adat Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso ini juga berharap eksistensi Gedung LKA Desa Menaming ini untuk melestarikan adat istiadat, seni dan budaya serta sebagai wadah tempat berhimpunnya para Datuk Adat dan Ninik Mamak.

“Kita berharap Gedung LKA Desa Menaming yang bagus ini digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh para pemangku adat dan para ninik mamak kita untuk melaksanakan kegiatan adat, yang tujuannya untuk melestarikan Budaya dan adat Istiadat kita,” harap Sukiman

Ia menambahkan jangan sampai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknolgi yang begitu pesat saat ini, sehingga dapat merubah adat dan budaya.

“Ini adalah salah satu upaya dimana kita diberikan tempat (Gedung LKA) untuk masyakat kita untuk menggunakan gedung ini untuk kegiatan adat dalam membangun kebersamaan dan menjaga kelestarian Adat dan Budaya bangsa kita,” ujarnya

Mantan Dandim Inhil ini juga berharap dengan diresmikannya Gedung LKA Desa Menaming ini kegiatan Adat dapat lebih optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam melestarikan Adat Istidat dan Budaya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Menaming Elfitren Sahputra S.Kom M.Ip mengatakan Pembangunan Gedung LKA Menaming ini berangkat dari keinginan yang kuat dari Masyarakat Desa Menaming, melalui tokoh masyarakat dan Adat bersama mencari anggaran untuk pembangunan Gedung ini

“Alhamdulillah kita mendapat support dari pak Wagubri dan Pak Bupati. Anggaran pembangunan ini diajukan ke Pemprov, kebetulan pak Wagubri juga keturunan Mandailing, sehingga beliau berusaha dan berkomunikasi dengan Bank Riau Kepri untuk mewujudkan keinginan warga Menaming untuk memiliki Gedung LKA,” jelasnya

“Dengan Disposisi pak Wagub terhadap BRK untuk mengupayakan mencari solusi untuk penganggaran LKA, Alhamdulillah BRK mengakomodir Pembangunan Gedung LKA Menaming ini melaui Program Kemitraan (CSR),” jelasnya. (ADV/Rat/MC/Kominfo).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *