DINAMIKA ORGANISASI

Oleh:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Dalam beberapa literatur mengatakan organisasi ada yang bersifat statis dan dinamis. Pemahaman bersifat statis dikatakan organisasi sebagai wadah dan bersifat dinamis organisasi hidup dan dapat tumbuh dan berkembang.

Berawal dari konsep ini dapat dikatakan bahwa organisasi bukan hanya sekedar wadah tempat orang orang berkumpul saja, namun lebih diorientasikan bagaimana organisasi menjadi wadah bagi anggotanya untuk saling bekerja sama untuk meraih tujuan bersama.

Untuk tumbuh dan berkembang suatu organisasi agar dapat eksis diperlukan menyikapi dan memahami perubahan yang terjadi dilingkungan internal dan eksternal organisasi, sehingga kondisi ini menciptakan suatu dinamika organisasi dengan berbagai dampaknya.

Secara sederhana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia konsep dinamika organisasi adalah ” Gerakan atau kekuatan yang dimiliki sekumpulan individu dalam organisasi yang dapat menimbulkan perubahan tata hidup organisasi yang bersangkutan”

Terdapatnya dinamika dalam organisasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam organinasi.

Dinamika organisasi agar mengarah pada keberhasilan organisasi itu sendiri, maka kemampuan pemimpin sebagai pihak yang diberikan amanah dalam melaksanakan peran dan fungsi agar dinamika organisasi senantiasa berlangsung sebagaimana koridor yang dalam berorganisasi, sebab dinamika organisasi akan berkaitan pula dengan perilaku anggota organisasi yang dapat berdampak pada eksistensi organisasi.

Konflik dalam organisasi dan terjadinya mosi tidak percaya kepada pemimpin organisasi juga dapat dikatakan sebagai bentuk dinamika organisasi, dan bila hal ini terjadi kemampuan pemimpin akan diuji untuk menyelesaikannya dengan tetap mengacu pada aturan yang berlaku dalam organisasi.

Dengan demikian dinamika organisasi menunjukan kedinamisan organisasi dan menunjukan organisasi tumbuh dan berkembang sebagaimana harapan organisasi tersebut dibentuk….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *