Bupati Inhil Sambut Kunjungan Kesbangpol Provinsi Riau

  • Whatsapp

INHIL – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Riau, Kaharuddin bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) disambut Bupati Inhil HM Wardan di Wahana Edu Park Makodim 0314/Inhil. Jum’at (17/9/2021) pagi.

Dalam sambutannya Kaban Kesbangpol Pemprov Riau, Kaharuddin mengatakan bahwa tujuan ke kabupaten Indragiri Hilir melakukan silaturahmi dengan Forum Pembauran Kebangsaan yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

Dikatakan Kaharuddin, Agar NKRI tetap utuh, bangsa Indonesia harus memiliki daya tahan dan daya tingkat untuk menghadapi segala persoalan, ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan Imunitas bangsa ini, diwujudkan melalui pemahaman dan penerapan nilai nilai luhur bangsa oleh seluruh Warga Negara Indonesia.

“Ya kita harus memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur bangsa yang diimplementasikan melalui menghormati perbedaan, semangat untuk bersatu, rela berkorban dan pantang menyerah serta adanya harga diri dan jiwa nasionalisme,” tangkasnya.

Lanjut Kaharuddin, penduduk Indonesia terdiri berbagai macam suku, etnis, agama, bahasa yang berbeda dengan latar belakang dan golongan dengan tengah mengalami ujian berat akibat arus globalisasi yang mulai menggerus nilai nilai kebangsaan dan berganti dengan pola hidup yang individualistik dan mengagungkan kebebasan.

“Kehadiran FPK sangat dibutuhkan untuk kebutuhan NKRI yang sangat rentan terhadap konflik. Perlu pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak memicu konflik. Sekecil apapun persoalan sosial harus segera terselesaikan agar tidak menjadi besar,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa FPK kabupaten Indragiri Hilir sudah banyak perkembangan yang dilakukan dalam rangka merajut pembauran bersama anak-anak bangsa.

“kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh FPK di bawah binaan badan Kesbangpol Inhil dan tentunya pak Bupati yang tidak henti-hentinya melakukan pembinaan, terima kasih atas apa yang sudah dilakukan bupati,” pungkasnya.

FPK tahun depan sudah mendapat dana hibah dari pemerintah kabupaten Indragiri Hilir berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di forum Pembauran Kebangsaan yang ada, FPK Inhil juga sudah membentuk sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

“Dari pada itu ada dua kecamatan yang sudah menjadi percontohan atas bimbingan dari Kesbangpol Inhil, mudah-mudahan kecamatan lainnya bisa segera melakukan seperti kecamatan percontohan,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan terimakasih kepada Pimbina FPK kabupaten Indragiri Hilir Pak Dandim Letkol Inf Imir Faishal yang sudah memfasilitasi sehingga acara silaturahmi antar FPK provinsi dan kabupaten dapat terwujud.

Semantara itu Bupati Inhil HM Wardan mengucapkan tempat di lokasi wahana Edu Park milik Kodim 0314/Inhil Susana yang outdoor untuk tempat kunjungan kerja dan silaturahmi dari Kaban kesbangpol provinsi Riau Kamaruddin dan FPK provinsi Riau.

“Dengan suasana yang nyaman Edu Park milik Kodim 0314/Inhil dalam silaturahmi biasanya di dalam ruangan kali ini tampil berbeda, Alhamdulillah diskusi dapat terlaksana dengan baik dengan suasana kekeluargaan, tentunya dalam suasana seperti ini lah yang kita harapkan, ini tempat bisa jadi rekomendasi kalau ada tamu dari luar Inhil seperti yang saat ini kita lakukan,” ucap Bupati 2 periode tersebut.

Lanjut Bupati Inhil HM Wardan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang sesuai dengan nomenklatur nya Pembauran Kebangsaan di Inhil memang sudah terlihat berbaur dengan komponen masyarakatnya heterogen dengan kehadiran organisasi seperti FPK dapat mewadahi kegiatan program masyarakat.

“Saya juga berharap program FPK dapat menjadi wadah sebagai organisasi masyarakat untuk beraktivitas harapan saya aktivitas tetap mendukung program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Indragiri Hilir,” ucap Bupati

Dia (bupati) juga berharap semoga hubungan antara FPK provinsi maupun FPK kabupaten Indragiri Hilir tentunya untuk kedepannya semakin dapat ditingkatkan lagi.

“Terimakasih atas kunjungan kerja dari Kaban Kesbangpol provinsi Riau yang hari ini juga membawa FPK provinsi Riau, yang sudah berdiskusi apa yang sudah di sampaikan bisa dilaksanakan. FPK kabupaten Indragiri Hilir,” jelas HM Wardan.

Kendati demikian bupati Bupati juga mengharapkan masukan-masukan dan bimbingan kerjasama termasuk bantuan dari FPK provinsi Riau sehingga program FPK kabupaten Indragiri Hilir dapat terlaksana dengan dengan baik.

Senada itu Kaban Kesbangpol Inhil Azwirzami mengatakan bahwa kunjungan dari Kaban Kesbangpol provinsi Riau dan Rombongan dari FPK provinsi Riau di Taja di kabupaten Indragiri Hilir Langsung di sambut Bupati, Dandim, Kapolres.

Azwirzami mengatakan bahwa kabupaten Indragiri Hilir Forum Pembauran Kebangsaan mendapatkan apresiasi dari Kaban Kesbangpol provinsi Riau Kamaruddin. Dikarenakan ada 20 kecamatan sudah terbentuk FPK.

“Memang kita sudah lama terbentuk sejak 2006, dan hari ini kita sudah membentuk seluruh kecamatan kelurahan dan desa, dan hari ini menjadi pilot projects ada di dua kecamatan diantara 20 kecamatan yaitu kecamatan Tempuling dan Kempas,”

Azwirzami Kemaren 1 (satu) kecamatan pilot projects sudah terbentuk FPK tingkat Kelurahan dan desa dan sudah diberikan Surat Keputusan (SK) yang dihadiri oleh dewan pembina FPK Pak Wakil Bupati H Syamsuddin Uti.

“Mungkin kita dalam waktu dekat untuk kembali turun ke kecamatan yang menjadi pilot projects kecamatan Kempas, mohon dukungannya agar pencapaian FPK kabupaten Indragiri Hilir 20 kecamatan bisa rampung 2021,” ucapnya.

Terakhir ia juga mengungkapkan terimakasih kepada pak bupati yang sudah mengucurkan dana untuk 2022 sesuai kemampuan Pemda Inhil, untuk menunjukkan kegiatan FPK kabupaten Indragiri Hilir.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kaban Kesbangpol provinsi Riau Kaharuddin berserta Rombongan FPK provinsi Riau, Bupati Inhil HM Wardan, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, Kaban Kesbangpol Inhil Azwirzami, Kemenag Inhil H Harun, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif, Pasiops Kapten inf Tarmizi, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Inhil H Jaini Awang, berserta Rombongan. Ketua PSMTI Inhil.

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan 5M. Memakai masker mencuci tangan dengan sabun menjaga jarak hindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *