BUMDesa ‘Amanah Bersama’ Majukan Desa Dengan Unit Usaha yang Dimilikinya

  • Whatsapp

INHIL – Menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah Bersama sebagai lembaga usaha desa yang berkualitas, yang mampu melayani masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Itulah Visi yang diusung BUMDes Amanah Bersama Desa Kuala Gaung, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalan menjalankan Unit Usaha Perdagangannya, yakni berupa Saparodi, Pucuk Nipah dan Gas LPG.

Dengan misinya, mengolah potensi desa agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi kelompok tani untuk meningkatkan organisasi, menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk kemajuan BUMDes, serta mengembangkan potensi ekonomi desa sebagai kekuatan dalam mengembangkan usaha.

Sedangkan tujuan didirikannya BUMDes Amanah Bersama adalah untuk meningkatkan dan mempermudah penjualan dan penampungan hasil pertanian atau perkebunan masyarakat, meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), membuka lapangan kerja, meningkatkan pengolahan dan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi perdesaan.

Adapun susunan organisasi pengelola BUMDes yang beralamat di Kantang Jaya Desa Kuala Gaung ini ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.39/KG/IV/2019 Tanggal 12 April 2019 Tentang Penetapan Pengurus BUMDes Amanah Bersama, yang terdiri dari Penasehat/Komisaris H Syarif, Direktur Dahlia Susanti, Sekretaris Khairunnisa, Bendahara Razali, serta Pengawas yang diketuai oleh H Syarif, Wakil Ketua Hanafi, Sekretaris Muhammad Yani dan Anggota Tibul Eliyas.

Untuk diketahui, BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka.

Disamping itu, keberadaan BUMDes juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes), yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.(*)

Ket:Kegiatan MDPT BUMDesa Amanah Bersama
Ket:Unit Usaha milik BUMDesa
Ket: Penyediaan Racun salah satu unit usaha milik BUMDesa
Ket: Agen LPG yang merupakan unit usaha milik.BUMDesa
Ket: Unit usaha milik BUMDesa, Penampung pucuk Nipah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *