VISI || RIAU UNGGUL

Oleh: Drs.Syofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Tak lama lagi, beberapa hari kedepan tepatnya tanggal 9 Agustus 2022 Provinsi Riau berusia 65 Tahun dengan mengangkat tema Riau Unggul.

Berbagai agenda kegiatan menyambut dan memeriahkan milad Provinsi Riau telah disusun dan dipersiapkan oleh panitia yang telah dibentuk.

Namun yang menarik adalah penetapan tema Riau Unggul dalam perspektif yang bagaimana ? Apa barometer Pencapaiannya ? sementara itu sejak tahun 2020 sampai setakad ini Covid-19 masih ada di Riau.

Kalau mengacu pada Visi Riau 2019 – 2024 dalam priode kepemimpinan saat ini Visi yang ditetapkan ” Terwujudnya Riau yang berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia ( Riau Bersatu ) sebagaimana dikutip dari Utusan Riau.Co tanggal 14 Maret 2019.

Jika dicermati menunjukan bahwa secara konsepsional terdapat 3 raihan menuju Riau unggul yang ingin diraih Yakni 1.Sejahtera.2.Berdaya Saing dan 3. Bermartabat.

Namun dalam perjalanan waktu selama lebih kurang 3 tahun ini sampai dimana tingkat pencapaiannya ? Dalam suasana Covid-19 yang saat ini mulai berkurang.

Memang dalam organisasi modern dituntut adanya suatu visi dengan harapan akan dapat diwujudkan, hal ini sebagaimana dikatakan Kuncoro (2006) memberikan defenisi ” Visi adalah suatu pernyataan komperhensif tentang apa yang diinginkan organisasi, mengapa organisasi berdiri dan apa yang diyakininya atau gambaran masa depan Organisasi” melihat konsep tersebut banyak hal yang perlu menjadi perhatian dalam upaya mewujudkan Visi tersebut.

Salah satunya persoalan tuntutan adanya pemimpin yang visioner dalam kepemimpinan organisasi. Apalagi pada organisasi publik yg ruang lingkup dan cakupannya sangat luas.

Keberhasilan dalam mewujudkan visi sebagai suatu harapan bukan persoalan bisa atau tidaknya namun lebih ditekankan pada bagaimana proses menetapkan visi itu sendiri,minimal diperlukan evaluasi diri dalam dimensi yang luas minimal melalui analisis SWOT sehingga nantinya akan ditemui solusi dan strategi yang tepat agar visi tersebut dapat diwujudkan sesuai harapan
.
Jika dilihat dari tema yang menonjolkan kata Unggul seakan-akan hal tersebut telah terwujud sementara masih ada sisa waktu 2 tahun lagi sebagaima visi yang telah ditetapkan.

Sebab kata Unggul memiliki pengertian secara sederhana terbaik. Sedangkan tiga sentral visi itu sendiri masih menjadi tanda tanya apakah telah berhasil menjadi yg terunggul bilamana dikupas dalam berbagai aspek,misalnya sejahtera,berdaya saing dan bermartabat.

Namun demikan mari kita ucapkan Selamat Ulang Tahun ke 65 ProVinsi Riau semoga kedepan semakin terbilang dan gemilang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.