Tunaknya Sahabat Dengan Profesi Jurnalis

Penulis:Drs.Sofyan,M.Si Dosen tetap STIE Mahaputra Riau

Tak terasa waktu 3 jam berdiskusi dengan wartawan Utama anggota PWI Riau Edy Hermanto Rasyd yang telah lama dan senior menekuni Profesi sebagai Jurnalis dan saat ini lebih tunak sebagai penggiat jurnalis. Berbagai isu kekinian menjadi hal yang menarik dikupas dari berbagai perspektif, baik politik,sosial kemasyarakatan dan Budaya yang dapat menambah wawasan dan pemahaman baru terhadap hal tersebut.

Salah satu perbincangan yang menarik pada saat Beliau menjelakan bagaimana Perkembangan Profesi sebagai Jurnalis waktu dahulu dengan saat ini yang berkembang pesat sebagai dampak kemajuan teknologi yang juga berimbas pada profesi sebagai jurnalis dari media cetak ke media digital, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan,namun demikian sebagai seorang jurnalis dituntut untuk senantiasa mengikuti perkembangan media online baik lokal maupu Nasional, yang jelas profesi jurnalis senantiasa eksis dan dibutuhkan masyakarat untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Tumbuh dan berkembangnya media media online jelas berdampak pada media cetak dari sisi bisnis maupun para pelanggan media cetak.

Edy Hermanto Rasyd wartawan senior juga menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi, juga disoroti dari sisi minat baca masyarakat terhadap media cetak, dan lebih menarik membaca media online melalui Handpone sepanjang jaringannya ada, dan apalagi dibeberapa tempat tersedia pula Wifi sebagai salah satu fasilitas publik yang disediakan.

Dari ekonomi memberikan keuntungan dan sekaligus efesiensi untuk memperoleh Informasi yang dibutuhkan, hal ini membuktikan masyarakat membutuhkan informasi yang membedakan hanya media saja.

Melihat perkembangan media informasi dari satu sisi juga memberikan ruang baru dalam industri media online dan saat ini minat untuk bekerja di dunia jurnalis menarik bagi generasi milenial saat ini.tinggal saja menambah pengetahuan tentang ilmu ke jurnakistikan melalui berbagai pelatihan yang diadakan asosiasi tempat berhimpun para jurnalistik yang saat ini asosiasinya lumayan banyak.

Menurut Edy Hermanto Rasyd pemahaman kode etik sebagai seorang jurnalis perlu diketahui,dipahami dan dipegang pada saat menjalankan profesi sebagai jurnalis.Untuk mengeluti profesi jurnalis kebiasaan membaca dan melihat peristiwa dan fenomena ditengah lingkungan masyarakat perlu ditumbuh kembangkan dalam diri.

Sebab kemampuan seorang jurnalis pengalaman dan keteramipilan menulis sangat dibutuhan,disamping teori-teori tentang hal hal yang menyangkut dengan profesi sebagai seorang jurnalis.

Kalau dari segi pergeseran sosial budaya saat ini memang sesuatu hal tak dapat dihindari sebagai dampak kemajuan zaman, namun hal hal yang masih tetap dilakukan sampai saat ini tetap senantiasa dijaga dan dilestarikan dalam kehidupan masyararakat. Sementara itu dari segi perkembangan dan dinamisasi politik saat ini yang perlu diperhatikan dengan bijak yang jelas kedewasaan menyikapi berbagai informasi tersebut yang diperlukan.

Semangat dan optimisme dalam menjalani profesi sebagai seorang Jurnalis dengan dedikasi dan idealiasme membuat Beliau masih tetap eksis sampai saat ini. Sehat dan sukses selalu serta terus berkarya sahabat.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *