SMPN Madani Pekanbaru Gelar Sosialisasi PPDB TP 2024-2025 Bersama Pengawas dan Kepala SDN Se-Pekanbaru

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-SMP Negeri Madani Kota Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Kasa Nomor 17 Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Riau, menggelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 bersama pengawa dan Kepala SD Negeri se-Pekanbaru,Kamis (25/1/24).

Acara sosialisasi PPDB SMP Negeri Madani Pekanbaru tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru DR.H.Abdul Jamal,M.Pd yang diwakili Kasi Kurikulum SMP Ibu Mala,M.Pd, Konsultan SMP Negeri Madani Pekanbaru Bapak Yon Hendri, Kepala SMP Negeri Madani Pekanbaru H.Abdurrahman,S.Pd, para pengawas Sekolah Dasar se Pekanbaru serta seluruh Kepala SD Negeri se Kota Pekanbaru.

Dalam kesempatan sosialisasi yang dipusatkan di Masjid sekolah tersebut, Kepala SMP Negeri Madani Bapak H.Abdurrahman, S.Pd menjelaskan bahwa SMP Negeri Madani Pekanbaru merupakan sekolah dengan sistem Boarding Scool, dan sekolah ini dirancang Pemko Pekanbaru dengan biaya serta anggaran yang telah disahkan oleh Perda Kota Pekanbaru Nomor 3 Tahun 2016. Maka seluruh biaya pendidikan, asrama serta biaya pendidikan lainnya ditanggung melalui dana APBD Kota Pekanbaru. SMP Negeri Madani ini juga menjadi pusat utama sekolah negeri rujukan berbasis IT dengan unggulan Tahfidz Al-Quran. Target lulusan peserta didik SMP Negeri Madani Pekanbaru adalah menjadi Hafidz Al-Quran dengan jumlah hafalan 15 Jus atau 5 Jus pertahun.

H.Abdurrahman,S.Pd juga memaparkan Visi dan Misi SMP Negeri Madani yakni, Visi:Terwujudnya Peserta Didik Madani Yang Berakhlak Mulia,Berprestasi, Hafidz Al-Quran dan Berwawasan Lingkungan.
Misi:Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Dikelola Secara Profesional.
Mewujudkan Peserta Didik Yang Berakhlak Mulia dan Hafizd Al-Quran.
Mewujudkan Peserta Didik Yang Berprestasi Akademik dan Non Akademik.
Melaksanakan Pengelolaan MBS yang Melibatkan Semua Stakeholders.
Mewujudkan Lingkungan Sekolah Yang Bersih,Indah dan Sehat.

Selain itu H.Abdurrahman,S.Pd juga menjelaskan Program dan Kurikulum SMP Negeri Madani yaitu,
-Seluruh Peserta Didik Tinggal di Asrama
-Menggunakan Kurikulum Merdeka Kemendikburistek RI
-Program Tahfizd Al-Quran (setoran hafalan dan murajaah)
-Program Pembinaan Akhlak dan Kemandirian di Asrama
-Qiyamul Lail (Shalat Tahajjud dan Witir)
-Kunjungan Orang Tua 1x dalam sebulan
-Pulang ke Rumah 3 Bulan Setelah Asesmen Sumatif Tengah/Akhir Semester.

H.Abdurrahman menyampaikan bahwa SMP Negeri Madani ini merupakan Ikone Pendidikannya Kota Pekanbaru, dan alumninya diterima diberbagai sekolah paforit di Kota Pekanbaru seperti SMA Negeri 8 Pekanbaru, SMA Negeri 1 Pekanbaru, SMU Plus serta beberapa sekolah paforit lainnya tanpa tes.

Bapak H.Abdurrahman menyebutkan bahwa dalam PPDB pada tahun tahun sebelumnya siswa yang berasal dari SD Negeri sangat sedikit. Dari kuota 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki laki dan 25 siswa perempuan hanya terisi 16 siswa dari SD Negeri dan sisanya 34 siswa lagi berasal dari sekolah SD swasta.

“Melihat dan berpedoman pada PPDB tahun lalu dimana siswa berasal dari SDN masih minin, dari kuota siswa 50 orang terjarinh sebanyak 16 orang siswa asal sekolah SD Negeri. Oleh karna itu juga kami berharap PPDB tahun pelajaran 2024-2025 nanti siswa asal SD Negeri meningkat jumlahnya dari tahun lalu,”harap H.Abdurrahman.

Masih kata H.Abdurrahman.Selagi masih ada sisa waktu sekira 1 bulan lagi, jadi diharapkannya pengawas dan kepala sekolah dapat menyampaikan kepada walimurid bapak ibuk tentang sekolah kita ini dengan segala program unggulannya yakni Hafizd 15 Jus.

“Diharapkan agar Bapak serta Ibuk sekalian dapat mensosialisasikan kembali di sekolah masing masing Bapak Ibuk, agar siswa dari SD Negeri lebih banyak lagi yang terjaring,” sebut H.Abdurrahman.

Senada dengan H.Abdurrahman, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru DR.H.Abdul Jamal,M.Pd yang diwakili Ibu Mala Kasi Kurikulum menyampaikan bahwa SMP Negeri Madani itu adalah Aikone pendidikan Kota Pekanbaru dan filosofinya adalah untuk anak anak Kota Pekanbaru yang berprestasi dan berkatagori kurang mampu.

“Sejalan dengan program Pj.Walikota Bapak Muflihun SMP Negeri Madani ini mencetak para generasi yang Hafizd Al-Quran.SMP Negeri Madani ini juga menjadi pusat utama sekolah negeri rujukan berbasis IT dengan unggulan Tahfidz Al-Quran,”ujarnya.

Beliau berharap tahun pelajaran 2024-2025 akan lebih banyal lagi yang terjaring dari siswa SD Negeri, untuk itu beliau berharap para pengawas dan Kepala SD Negri bersinergi melakukan sosialisasi agar harapan Bapak Pj.Walikota dan Kadis Pendidikan dapat tercapai,”sebut Bu Mala.

Dipengujungan arahannya Ibu Mala menyampaikan ucapan salam dari Kadis Pendidikan Pekanbaru DR.H.Abdul Jamal,M.Pd yang tidak dapat hadir ditengah tengah para undangan karena sesuatuhal, dan kadis juga berharap PPDB SMP Negeri Madani Tahun Pelajaran 2024-2025 mendatang dapat berjalan baik dan sesuai esfektasi.(dy).

Jadwal Pendaftaran Calon Siswa SMP Negeri Madani
I-Pendaftaran Seleksi Administrasi tanggal 19 sampai 23 Februari 2024
II-Tahapan Sleksi
1.Seleksi Administrasi 26 Februari 2024
2.Seleksi Tahfizd Al-Quran 28 Februari sampai 1 Maret 2024.
3.Seleksi Akademik Tanggal 7 sampai 9 Maret 2024.
4.Seleksi Wawancara pada 19 sampai 20 Maret 2024.
5.Pengumuman hasil PPDB pada 26 Maret 2024.
6.Daftar ulang bagi siswa lulus seleksi Tanggal 27 sampai 28 Maret 2024. (sumber panitia PPDB SMPN Madani Pekanbaru).

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *