SDM || KARIR

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

TAK dapat dimungkiri bahwa Sumber Daya Manusia dalam bekerja baik pada organisasi Publik maupun Organisasi Bisnis memiliki keinginan dan cita-cita akan memperoleh kesempatan dan peluang untuk mengembangkan Karir dalam bekerja.

Harapan tersebut suatu hal yang wajar dimiliki, sebab memberikan segenap potensi dan kemampuan yang dimiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengabdikan diri bagi organisasi mengharapkan adanya suatu kepastian terhadap jenjang karir sebagai suatu keinginan untuk dapat diwujudkan SDM.

Sumber Daya Manusia dan karir jika kesempatan tersebut sulit diwujudkan akan dapat memberikan dampak pada kebehasilan organisasi untuk mencapai tujuannya. Adapun pengertian karier menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ” Pengembangan dan Kemajuan baik pada kehidupan,pekerjaan atau jabatan seseorang, yang dimaksud pekerjaan yang mendapar imbalan berupa gaji atau uang” jika dilihat konsep ini menunjukan terdapatnya pemberian imbalan jasa atas pekerjaan dilakukan SDM dalam organisasi, sehingga semakin bagus karier SDM mempengari pendapatan dan juga berbagai fasilitas yang diberikan organisasi, namun biasanya berkonsekuensi pada beban kerja dan tanggung jawab atas beban kerja tersebut, atau tuntutan kinerja dari SDM semakin meningkat pula yang nantinya organisasi akan meminta kualitas kerja sebagaimana yang diharapakan dari SDM.

Dewasa ini organisasi dalam persoalan karier bagi SDM, untuk itu sudah menjadi keharusan organisasi memberi perhatian pada aspek karier SDM dengan menetapkan mekanisme dan aturan untuk jenjang karier SDM dengan harapan organisasi memiliki suatu iklim kerja yang baik, salah satu upaya organisasi dapat melaksanakan manajemen karir yang pada hakekatnya memperhatikan dan mengatur ruang kepada SDM untuk berkarir di organisasi, hal ini seiring dengan pendapat Mondy (2010 : 225) Mengatakan ” Karir adalah proses dimana perusahaan memilih,menilai,menugaskan dan mengembangkan para pegawainya guna mendapatkan sekumpulan karyawan berkualitas tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dimasa akan datang” dilihat dari konsep ini menunjukan bahwa manajemen karir menjadi bagian yang mendapat perhatian dalam manajemen organisasi. Karir adalah harapan yang ingin diraih SDM dan organisasi memerlukan SDM yang memiliki kompetensi dan kapasitas untuk jabatan sebagai bentuk peluang karir yang disediakan organisasi melalui aturan dan ketentuan yang ditetapkan.

Salah satunya organisasi akan memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan Karier bagi SDM yang dimiliki organisasi. Memberikan kepastian jenjang karier untuk SDM akan menambah motivasi dan semangat dalam bekerja…..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *