Ribuan Masyarakat Surau Tinggi Selatan Kecewa, Rencana Pembangunan Jembatan di Wilayahnya di Duga Dialihkan

Ojenews.com Rohul Riau,-Ribuan Masyarakat surau tinggi selatan merasa sangat kecewa pembangunan jembatan yang akan dibangun di dusun surau tinggi desa rambah kecamatan rambah hilir kabupaten Rokan hulu dialihkan begitu saja ketempat lain.

Demo tersebut dipusatkan di lokasi pembangunan jembatan di surau tinggi selatan, Selasa (1/8/2023) sore. yang dihadiri oleh Kepala desa rambah Adi Saputra, Kapolsek rambah hilir IPDA Deby Azhar beserta Rombongan untuk pengamanan, camat rambah hilir Agus Salim, perwakilan kementrian PUPR dari balainya, Dari anggota DPR RI Efendi Sianipar yang diwakili Tenaga Ahli Sanggam Manurung S.pd, Tokoh masyarakat, Datuk Adat rambah hilir, dan ribuan masyarakat surau tinggi.

Adapun Kertas selebaran yang dipegang masyarakat tertulis seperti ini -Kami dari Datuk Adat menolak keras pembangunan jembatan di surau tinggi dialihkan ketempat yang lain, – Pembangunan Jembatan disurau tinggi lebih bermanfaat dari tempat lain karena dapat menghubungkan tiga kecamatan sekaligus mempermudah akses masyarakat kenapa harus dialihkan?, – Aparat pemerintah surau tinggi tidak terima pembangunan jembatan dialihkan ketempat lain,- Dan Terakhir Terlihat beberapa gambar pengerjaan jembatan yang sudah dikerjakan selama 4 bulan dengan adanya beberapa mesin atau material yang tergeletak dipinggir jalan sungai surau tinggi.

Tokoh masyarakat H. Erkat mengatakan bahwa ia sebagai masyarakat surau tinggi, dari hati nuraninya yang terdalam sangat kecewa sebab menurutnya hal ini kesalahan patal dari pihak kementerian PUPR balai karena setelah 4 bulan pengerjaan jembatan baru tau bahwa titik pembangunan jembatannya salah tempat.

” kan ini Sangat tidak wajar sekali, artinya dalam kurun waktu 120 hari kerja itu sangat panjang sekali baru tau titik lotus nya salah, maka itu kami dari masyarakat sangat dirugikan sekali pertama akses masyarakat yang dimanfaatkan saat ini adalah melalui jalur getek dan akses jalan sendiri sudah ada yang rusak karena ditengah jalan sudah ada dibangun tiang-tiang besi yang timbul ditengah jalan, takut nya masyarakat ada yang jatuh atau bagaimana kan ini sudah sangat menggangu aktivitas kami,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi masyarakat sangat membutuhkan jembatan untuk akses jalan mempermudah masyarakat untuk bepergian karena kalau hujan air akan naik dan terjadi banjir, kan ini sangat menyulitkan untuk kami bagi anak-anak sekolah yang akan berangkat sekolah terhambat (tidak bisa berangkat sekolah).

” Kami meminta kepada pemerintah atau anggota DPR RI Efendi Sianipar lewat aspirasinya dapat memberikan kami kepastian kapan surau tinggi dapat dibangun jembatan kalau bisa tahun ini dibangun. Dan untuk pemindahan pembangunan jembatan tersebut dimohon pihak kementerian PUPR dan anggota DPR RI Efendi Sianipar menyelesaikan permasalahan ini,” katanya.

Lanjut Kades Rambah Adi Saputra mengatakan langkahnya sebagai kepala desa ia akan mempertemukan dengan orang-orang yang berkepentingan disini salah satunya yaitu orang dari kementrian PUPR, seperti sudah dijelaskan oleh orang kementrian PUPR bahwa titik lotus pembangunan jembatan tersebut memang salah tempat.

” Jadi karena permasalahan ini nampaknya dari pihak PUPR sendiri tidak bisa mengambil suatu keputusan, maka solusinya kami akan minta dipertemukan dengan kepala kementrian PUPR dan anggota DPR RI Efendi Sianipar yang memiliki aspirasi tersebut,” jelasnya.

Kemudian ditempat yang sama Tenaga Ahli Sanggam Manurung mengatakan bahwa penyaluran pembangunan jembatan gantung ini mengenai anggaran yang sudah disurati oleh kementrian PUPR sendiri bahwasanya anggaran jembatan gantung 2023 itu dilaksanakan didesa rambah tengah hilir sesuai dengan kunjungan kerja Efendi Sianipar DPR RI tahun lalu.

” Atas kejadian hari ini, kami cukup prihatin dan ini menjadi evaluasi kita terhadap pemerintah daerah, agar bisa memberikan arahan kepada pihak-pihak dinas terkait agar bisa bekerja lebih hati-hati lagi, sehingga tidak merugikan masyarakat seperti ini. Dan untuk Permintaan masyarakat yakni mendatangkan Efendi Sianipar akan kami datangkan semua ini demi kepentingan masyarakat juga,”tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *