PROMOSI || CITRA PRODUK

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Persaingan dalam bisnis pemasaran dalam bentuk produk maupun jasa dewasa ini sangat kompetitif ditengah masyarakat sebagai konsumen ataupun pelanggan,dengan demikian upaya untuk dapat diterima pasar atas produk tersebut dituntut pemahaman tentang Manajamen Pemasaran terkhusus bauran Pemasaran.

Komponen Bauran Pemasaran yang meliputi Produk, harga, promosi dan distribusi menjadi kompoten yang satu sama lainnya saling berkaitan dalam aktivitas pemasaran.

Dilihat dari sisi bagaimana produk dikenal dan diketahui masyarakat yang nantinya menjadi Konsumen atau pelanggan atas produk tersebut dalam perspektif komunikasi pemasaran peranan Promosi akan lebih menjadi strategis disamping produk,harga dan disribusi dengan pandangan apapun produk yang dipasarkan diperlukan mengenalan terlebih dahulu yang dalam bauran Pemasaran dengan melakukan Promosi.

Menurut Fandy Tjiptono (2015 : 387) mengatakan “Promosi merupakan bauran pemasaran yang berfocus pada upaya menginformasikan, membujuk, mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan”

Melalui konsep promosi tersebut menunjukkan bahwa tujuan dilakukan promosi adalah memberikan informasi, membujuk dan mengingatkan konsumen atas produk yang dipasarkan perusahaan. Untuk itu jelas dlam melakukan Promosi menetapan pemilihan media menyampaikan infornasi yang tepat dan sesuai dengan segmen pasar produk diharapkan nantinya akan memberikan dampak terhadap keuntungan perusahaan yang terlihat melalui peningkatan angka penjualan atas produk yang dipromosikan.

Disamping itu pula melalui promosi yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk, nantinya juga akan berdampak pada citra perusahaan itu sendiri ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Dalam pendekatan promosi sebagai media komunikasi perusahaan dgn konsumen ataupun pelanggan dapat meningkatkan citra perusahaan.

Adapun Menurut Frank Jefkins yang dikutip Soemirat dan Adrianto (2007 : 114) mengatakan “CItra adalah kesan seseorang terhadap sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan Pengalaman”

Dengan demikian jelas strategi Promosi diperlukan perusahaan agar informasi tersebut menarik,mudah dipahami dan hendaknya memperhatikan siapa icon atau Ambasador yang dijadikan pihak yang mempromosikan produk tersebut.

Penetapan dalam media promosi yang penting bagi perusahaan yang nantinya dapat pula meningkatkan citra perusahaan….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *