Perpustakaan Mahidin Sait Rohul Diresmikan Kepala Perpustakaan Nasional

Ojenews.com Rohul Riau,- Peresmian ruang perpustakaan baru ,Perpustakaan Mahidin Sait Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dibangun dengan dana dari Perpustakaan RI sebesar lebih kurang Rp.8 miliar, di resmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Kamis (16/03/2023) kemaren.

Hadir pada acara itu Bupati Rohul H.Sukiman,Kapolres Rohul AKBP Pangucap Prio Seojito SIK.MH,Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando,Kepala Depersip Riau Drs,Mimi yuliani Nazir APT.MM,Sekretaris Daerah Rohul Muhammad Zaki SSTP,Msi Kepala Perpustakan Daerah SE Riau.Kadis Perpustakaan Rohul Ir Ruslan MM,para Staf Ahli Bupati,Para Asisten,dan lainnya.

Peresmian gedung diawali dengan pengguntingan pita oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yuliani N Apt, MM serta penandatanganan prasasti oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarief Bando dan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman.

Dalam sambutannya Bupati Rohul H Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Presiden Ir H Joko Widodo melalui kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, mengalokasikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 yang dipergunakan untuk pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu.

“Diharapkan perpustakaan ini nantinya dapat menjadi salah satu sumber bacaan yang baik untuk membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkualitas,” kata Bupati.

Selain itu, kehadiran gedung baru perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan sekaligus menjadi tempat lahirnya generasi muda yang enerjik, berkualitas dan memiliki karakter yang lebih baik dalam rangka mewujudkan sumber daya informasi yang unggul untuk Rokan Hulu maju.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, Ir H Muhammad Ruslan dalam sambutannya mengaku Pelaksanaan Perencanaan (DED) Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rokan Hulu telah dimulai sejak tahun 2020 melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (PERKIM) Kabupaten Rokan Hulu melalui dana APBD Rokan Hulu.

“Dan pada tahun 2022 yang lalu, Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah yang bersumber melalui dana DAK melalui Subbid Perpustakaan tahun Anggaran 2022 mendapat Alokasi bantuan sebesar Rp 8,3 Miliyar dari Perpusnas RI,” jelasnya.

Ruslan juga menyebutkan , Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Rokan Hulu ini dibangun di lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, di atas tanah seluas lebih kurang 10.800 M² yang sudah diperuntukkan oleh Bupati Rokan Hulu,” jelasnya.

pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan kegiatan, seminar, talkshow peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Rokan Hulu.

Sebagai informasi, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu juga menerima penghargaan peringkat pertama Daerah terbaik pelaksanaan DAK fisik subbidang Perpustakaan daerah tahun 2022 yang diserahkan sertifikatnya pada saat Rakor Perpustakaan se-Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *