Penanggulangan Banjir, DLH Rohil  Turukan Alat Berat Excavator

Ojenews.com Rohil Riau,-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi menurunkan alat berat serta mengerahkan satgas untuk membersihkan parit guna mengatasi masalah banjir yang sering terjadi saat musim penghujan.

“Kami dari Senin, tiga hari melakukan pembersihan secara manual maupun alat berat di sekitar parit Karanganyar itu. Mudah mudahan ini bisa membantu mengurangi genangan air di Karanganyar,” katanya, Rabu (5/10/2022).

Suwandi menjelaskan pembersihan parit yang dilakukan satuan petugas penanggulangan banjir di sejumlah parit yang ada di Kecamatan Bangko.

Kemudian mendapat informasi dari warga Karanganyar, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti setempat. Disampaikan warga melalui pesan WhatsApp katanya, banyak parit parit disebut yang tidak berpungsi karena ditumbuhi tanaman tanaman liar.

“Kita turunkan satgas penanggulangan banjir, kemarin. Hari ini di bantu dengan alat berat Excavator Mini untuk menormalisasi parit Karanganyar menuju aliran parit Jembatan Aing sungai Rokan,” katanya.

Selain parit Karanganyar, Suwandi mengatakan juga menurunkan alat berat di beberapa titik yang mengalami banjir termasuk Jalan Pelabuhan Baru, karena parit menghubungkan Pelabuhan Baru menuju KPL kondisinya semak, mengecil dan dangkal.

Sebelumnya satgas penangulangan banjir bekerja melakukan pembersihan pada drainase, parit dan menurunkan alat berat dimana dilokasi yang dianggap rawan banjir untuk mengurangi dan mencegah terjadinya masalah banjir.

“Selama ini tim kita sudah bekerja. Intinya semua petugas sudah kita arahkan untuk membersihkan parit parit, drainase saluran yang menjadi sumber aliran menuju laut semaksimal mungkin supaya tidak menimbulkan genangan air di lingkungan warga seperti tahun sebelumnya. Mukin di bulan ini sudah masuk musim penghujan, biasanya bulan September sampai Desember nanti curah hujan cukup tinggi ya,” sambungnya.

“Kami meminta kepada masyarakat membantu pemerintah daerah terutama mungkin pembersihan lingkungannya baik itu saluran pembuangan air, drainase juga parit yang ada di depan rumahnya,” tambah Suwandi.(ton/Jum).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *