Pemimpin dan Konsolidasi Organisasi

Keberadaan seorang Pemimpin dalam organisasi bagaikan seorang Nakhoda yang bertanggung jawab untuk mencapai dermaga tujuan sangat penting dan strategis sebagaimana harapan organisasi itu sendiri sesuai dengan tujuan pembentukannya.

Organisasi dalam konsep sederhana yang merupakan kerjasama sekelompok orang yang saling berintekrasi,berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama, keberadaan Pemimpin dalam organisasi akan dapat menentukan keberhasilan organisasi.

Mengingat pemimpin memiliki beban dan tanggung jawab yang besar, salah satu upaya dengan mengoptimalkan segenap kemampuan dari anggota yang dipimpinnya melalui membangun komunikasi,koordinasi serta sinkronisasi atas berbagai aktivitas keberlangsungan organisasi. Upaya tersebut dapat dikatakan sebagai membangun konsolidasi organisasi.

Secara sederhana konsolidasi dapat dimaknai sebagai usaha untuk menyatukan berbagai kelompok dalam suatu kekuatan menjadi potensi yang dapat dikelola dalam organisasi. Sementara itu dalam perspektif organisasi biasanya terdapat kelompok-kelompok yang bersifat informal dengan berbagai bentuk tujuannya. Disinilah salah satu diharapkan pemimpin organisasi mampu melakukan konsolidasi organisasi yang dipimpinnya dengan tujuan dapat membantu dan memberikan kontribusi bagi tercapainya tujuan organisasi.

Kesuksesan organisasi kemampuan pemimpin diperlukan bagi organisasi, banyak teori dalam berbagai literatur kepemimpinan yang membahas tentang peran,tugas,fungsi pemimpin dalam organisasi, dan menjelaskan tentang sifat, gaya kepemimpinan dalam organisasi.

Penulis :Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *