Milad RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Ke-46, Inovasi Pelayanan Internal dan Eksternal Jadi Prioritas

?

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau, hari ini mengelar acara milad yang ke-46, Selasa (24/5/2022).Dalam usia yang sudah cukup matang ini RSUD Arifin Achmad terus saja melakukan inovasi pelayanan baik secara eksternal maupun layanan internal.

Perayaan milad tersebut dipusatkan di gedung serba guna RSUD Arifin Achmad Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru.Dalam sambutannya Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG mengatakan, acara HUT RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau ke-46 ini merupakan peristiwa yang bersejarah bagi seluruh masyarakat dan khusunya bagi masyarakat kesehatan.Pertemuan tersebut sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT apa yang telah diraih dan lalui selama perjalanan 46 tahun.

Pada milad tahun ini mengangkat tema ‘Bersinergi wujudkan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang mandiri, bermartabat dan berdaya saing’.Tema ini diambil mengingat saat ini RSUD Arifin Achmad punya cakupan yang cukup besar dalam hal pelayanan.

 ( H.Joni Irwan,SH.MH Asisten III Prov Riau )

Dikatakan Dirut drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG,Berdasarkan Pergub No.61 Tahun 2021 Tentang Kedudukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah dilingkungan Pemprov Riau, Fungsi dan Tata Kerja RSUD Arifin Achmad sebagai Unit Pelaksanaan theknis bersifat pada Dinas Kesehatan merupakan perangkat daerah yang diserai wewenang, tugas dann tanggung jawabuntuk melaksanakaqn upaya kesehatan secara berdaya gunadan berhasil guna.

“Percepatan dan perbaikan kinerja pelayanan diupayakan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau secara terus menerus ditingkatkan.Melalui tiga pendekatan yang sinergi, yaitu pengembangan sarana dan prasarana, pengembangkan sumber daya manusia,dan perbaikan sitem manajemen kearah profesional secara berkesinambungan memalui sertifikat akreditasi rumah sakit,”sebut Dirut dihadapoan hadirin.

Dikesempatan tersebut, drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG, memaparkan secara singkat sejarahn berdirinya RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Rumah sakit ini berdiri pada tahun 1950 diawali dengan kapasitas 20 tempat tidur yang berlokasi di Jalan Kesehatan. Berikutnya pada awal tahun 1960 an sampai dengan 1963 dilakukan pembangunan gedung rumah sakit yang terletak di Jalan Diponegoro dan dioperasikan pada pertengahan tahun 1970.Padat tahun 1976 diresmikan dengan nam Rumah Sakit Umum Provinsi Riau (RSUP) pada tahun 1993 ditingkatkan kelasnya sebagai rumah sakit kelas B non pendidikan dengan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru, dan pada tahun 2005 RSUD Provinsi Riau berganti nama menjadi RSUD Arifin Achmad.

(Dikatakan Dirut drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG)

Diakhir sambutannya drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG juga memaparkan berbagai capaian yang telah dilakukan RSUD Arifin Achmad dan berbagai program inovasi pelayanan saat ini yang tengah di lakukan serta kondisi yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Riau H.Syamsuar yang diwakili Asisten III Bapak H.Joni Irwan,SH.MH mengucapkan selamat atas milad RSUD Arifin Achmad yang ke-46 dan semoga RSUD Arifin Achmad menjadi rumahsakit terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Perayaan Milad RSUD Arifin Achmad yang ke 46 ini merupakan bentuk silaturrahmi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat atas kemajuan RSUD Arifin Achmad dan momen Milad juga dapat menumbuh semangat karyawan dan karyawati RSUD Arifin Achmad dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat yang bermutu dan berkualitas.

Dikatakan bahwa Keberadaan RSUD Arifin Achmad sebagai penyedia layanan publik dan juga merupakan rumah sakit rujukan bagi kabupaten dan kota terus berupaya meningkatkan pelayanannya.Sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan prima.

 ( Pemotongan Tumpeng Oleh AS II Prov Bapak H.Joni Irwan )

Diakhir sambutannya Gubernur Riau H.Syamsuar yang diwakili Bapak H.Joni Irwan,SH.MH mengharapkan RSUD Arifin Achmad tetap melakukan inofasi layanan kesehatan bagi masyarakat sehingga RSUD Arifin Achmad menjadi rumah sakit dengan pelayanan yang prima.

Acara Milad RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau ini dihadiri oleh Gubernur Riau H.Syamsuar diwakili Asiten III Bapak H.Joni Irwan,SH.MH, Kadiskesehatan Provinsi Riau bapak Zainal Arifin, SKM.M.Kes,Dirut RSUD Arifin Achmad Ibu drg.Wan Fajriatul Mamnunah Sp.KG, serta beberapa tamu undangan lainnya dan karyawan dan karyawati RSUD Arifin Achmad.

Acara Milad juga ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Asistren III Sekdaprov Riau bapak H.Joni Irwan,SH.MH yang didampingi oleh para pejabat lainya dan ditutup dengan sesi foto bersama.(dy).

Pencapaian yang telah dilakukan RSUD Arifin Acmad
1.Tahun 2010 Penunjukan RSUD Arifin Achmad sebagai percontohan K3RS wilayah Indonesia bagian Barat
2.Tahun 2011 Mendapat penghargaan sebagai Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB) se Indonesia
3.Tahun 2013 Menerima Piala Citra pelayanan prima dan menerima penghargaan SKPD terbaik terhadap kinerja keuangan.
4.Tahun 2017 Mendapat sertifikat Akreditasi Versi 2012 dengan predikat lulus tingkat paripurna
5.Tahun 2020 Sebagai rumah sakit pusat rujukan dengan cakupan pelayanan Provinsi Riau berdasarkan KMKF No.HK.01.07/MENKES/7182/2020 Tgl 24 November 2020 tentang Rumah Saki Jejaring Rujukan Kardiovaskular.

Kondisdi saa ini
1.RSUD Arifin Achmad sudah bisa melakukan operasi jantung mandiri
2.Memperpanjang jam operasi sampai pukul 22.00 WIB
3.Dalam proses penyiapan rumahsakit menuju tipe A pendidikan
4.Memberi pelayanan ambulan gratis bagi pasien Lansia
5.Penertiban barang atau aset milik daerah (rumah dinas lahan kendaraan operasional)

Kondisi yang ingin dicapai
1. Pembangunan gedung jantung terpadu beserta sarana lainnya serta pemenuhan alat kesehatan
2.Pengembangan gedung radio therapy dengan mengusulkan penambahan bunker dan ruang pendukung lainnya serta pengadaan LINAC,CT simulator dan Dosimetri
3.Revitalisasi IPAL dan penambahan kapasitas pengolahan limbah
4.Penyediaan rumah singgah gratis bagi pasien/keluarga pasien yang membutuhkan.
5.Mewujudkan sumber air bersih mandiri sehingga menghilangkan ketergantungan dengan air dari PDAM
6.Bridging Aplikasi SIMRS dengan aplikasi BPJS sehingga akan mempercepat dalam pelayanan Pasien BPJS
7.Pengembangan Poli geriatri (untuk pelayanan pasien lanjut Usia)(sumber Humas RSUD Arifin Achmad).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *