Menunggu saat jalan putus menuju ke tiga Desa di Kepenuhan

Kondisi jalan menuju tiga desa rusak

Ojenews.com Rohul Riau
Negeri Seribu Suluk,-Inilah kondisi terkini yang berada dari simpang SJI Desa Kep Hilir ke Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan. Ada dua lokasi yang menghawatirkan masyarakat ketika akan melewati jalan lintas antar tiga desa ini, demikian di sampaikan oleh Ismail Dt Podano Montoi anggota DPRD Kab Rohul periode 2004-2009 dan periode. 2009-2014 itu.

Dua lokasi tersebut adalah: Disekitar jalur air pipa PT. SJI coy daerah Ploman kasimang Desa Kepenuhan Hilir diperkiran hanya tersisa bahu jalannya 1,5 m atau 2 meter dan kedua adalah 2 Km menjelang ke Desa Ulak patian hanya tersisa bahu jalannya 50 cm atau 1 meter dari tebing sungai.Jalan ini merupakan jalan lintas antar tiga desa di Kecamatan Kepenuhan yaitu Desa Kepenuhan Hilir, Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang sakti.

Dijelaskan sang datuk Penyebab dari kondisi jalan Ini adalah abrasi. Setiap kali air sungai naik atau pasang maka tebing dari jalan ini terus dihantam lajunya arus sungai yang melewati tebing jalan ini, fhoto diambil 3 hari yang lalu, sudah seperti ini kondisi nya dan apabila kondisi air terus naik atau pasang maka boleh jadi kondisi jalan ini akan putus alias tidak bisa dilewati lagi oleh masyarakat.

Jika tidak cepat diatasi khusus nya dua lokasi ini, maka akan kondisi jalan ini tidak dapat dilewati oleh pengguna jalan dan khusus nya lagi masyarakat 3 Desa yang setiap harinya beraktifitas pada lokasi jalan lintas antar desa ini. Belum lagi pada lokasi lain yang akan hampir sama terjadi seperti dua lokasi ini, ungkap Ismail Dt Podano Montoi gelar Kurnio dari Lembaga Kerapatan Adat Luhak Kepenuhan.

“Perihal kondsi dua lokasi jalan ini, kita sudah sampaikan secara langsung kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu, dengan harapan Dinas terkait bisa turun langsung ke lokasi dan dapat mengambil kebijakan atas apa yang seharusnya dilakukan dan dikerjakan dalam memberikan solusi dan tindakan nyata, sehingga masyarakat yang melewati jalan ini tidak lagi merasa was-was dan khawatir untuk melewatinya,” harap Ismail Dt Podano Montoi penerima Anugrah Tokoh budaya Riau ini.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.